nusabali

Kasad Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Sonbai

  • www.nusabali.com-kasad-dianugerahi-gelar-kehormatan-adat-sonbai
  • www.nusabali.com-kasad-dianugerahi-gelar-kehormatan-adat-sonbai
  • www.nusabali.com-kasad-dianugerahi-gelar-kehormatan-adat-sonbai
  • www.nusabali.com-kasad-dianugerahi-gelar-kehormatan-adat-sonbai

DENPASAR, NusaBali.com - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dianugerahi gelar Gelar Kehormatan Adat Sombai ‘Naijuf Tanin Anin Manas’.

Penobatan gelar Kehormatan Adat Sombai itu berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Jalan El Tari, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Rabu (19/5/2022) malam.

Gelar yang bermakna ‘Pangeran Sakti Pelindung Tanah Air’ ini merupakan suatu kehormatan dan pengakuan yang menjadi kebanggan dari pemerintah dan masyarakat NTT khususnya suku/adat Sonbai. Gelar ini juga merupakan gelar adat ketujuh yang diterima Kasad dari kunjungannya ke berbagai daerah. 

Acara penganugerahan gelar tersebut diawali dengan kegiatan Adat Natomi, yaitu adat berbalas pantun dari tokoh Adat Sobe Sonbai. Selanjutnya kegiatan penyematan mahkota kebesaran Sonbai, penyerahan tongkat komando dan pedang kepahlawanan. Upacara tersebut dihadiri Gubernur NTT Viktor Laiskodat, para pejabat Mabesad, dan pejabat Kodam IX/Udayana yang juga dihadiri langsung Pangdam Mayjen TNI Sonny Aprianto.

“Kehormatan ini bukan semata-mata karena jabatan saya sebagai Kasad, tetapi apa yang telah TNI AD lakukan selama ini adalah merupakan suatu penghormatan dan penghargaan Kerajaan Sonbai maupun dari pemerintah serta masyarakaat NTT. Saya harus pertanggung jawabkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Kasad.

Mantan Pangkostrad ini mengatakan penganugerahan gelar kehormatan ini berharap agar seluruh anggota TNI AD bersama masyarakat NTT selalu menjaga kebhinekaan, persatuan dan kesatuan, serta ke-Indonesia-an, untuk mewujudkan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Gubernur NTT Viktor Bung Tilu Laiskodat mengatakan bahwa gelar yang diberikan kepada Kasad ini merupakan penobatan yang pertama kalinya dalam sejarah di NTT yang diberikan kepada orang di luar orang Timor.

“Saya sangat bangga karena sekarang Kasad telah menjadi bagian dari orang Timor. Saya juga sangat berterima kasih kepada Pangdam dan Danrem serta jajarannya yang telah hadir untuk membantu kesulitan masyarakat NTT,” ungkap politisi senior Partai Nasdem tersebut. *pol

Komentar