nusabali

Indonesia Wajib Petik Kemenangan Melawan Thailand Sore Ini

  • www.nusabali.com-indonesia-wajib-petik-kemenangan-melawan-thailand-sore-ini

JAKARTA, NusaBali
Laga semifinal sepak bola SEA Games Vietnam 2021 mempertemukan Timnas U-23 Indonesia vs Thailand.

Pertandingan akan berlangsung di Stadion Thien Tru'ong, Nam Dinh, Vietnam pada, Kamis (19/5) sore ini mulai 17.00 Wita. Tim Thailand akan menjadi lawan tangguh Timnas Indonesia. Apalagi Indonesia punya rekor yang kurang bagus ketika jumpa Thailand di ajang SEA Games. Namun Tim Garuda tak bisa diremehkan, kemenangan harus bisa dipetik agar bisa lolos ke final untuk merebut medali emas cabang sepakbola di ajang SEA Games 2021 Vietnam ini.

Skuad Garuda Muda lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup A. Egy Maulana Vikri Cs hanya sekali kalah melawan Vietnam di laga pertama babak penyisihan grup. Namun, tiga laga selanjutnya selalu menang dengan mencetak banyak gol. Timnas U-23 dengan sembilan poin menempati urutan kedua klasemen Grup A, di belakang Vietnam yang mengoleksi 10 poin.

Sementara, Thailand yang tergabung di Grup B, bersama Malaysia, Singapura, Kamboja dan Laos, lolos semifinal sebagai juara grup dengan sembilan poin. Sedangkan posisi runner-up diisi Malaysia dengan delapan angka. "Untuk lawan Thailand, kami memang harus benar-benar fokus pada pertandingan. Karena Thailand ini salah satu tim terbaik di Asia Tenggara," kata pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

Shin Tae-yong tak bisa mengandalkan Asnawi Mangkualam di lini pertahanan sayap kanan ketika menghadapi Thailand karena akumulasi kartu kuning. Absennya pemain Ansan Greeners ini bisa menjadi celah bagi lawan. Mengenai pemain pengganti Asnawi, juru taktik asal Korea Selatan tersebut tak mau memberikan bocoran. Tetapi, jika melihat dari 20 pemain yang dibawa Shin Tae-yong ke Vietnam, pemain yang posisinya sama dengan Asnawi adalah Ilham Rio Fahmi.

Di sisi lain, skuad Merah-Putih ini juga mendapatkan kabar gembira. Saddil Ramdani yang absen di dua laga (lawan Filipina dan Myanmar) kembali bergabung dengan skuad asuhan Shin Tae-yong. Usai pertandingan melawan Vietnam dan Timor Leste, Saddil pulang ke Malaysia untuk memperkuat klubnya Sabah FC. Meski begitu, Shin Tae-yong belum bisa memastikan apakah sang pemain ini akan dimainkan atau tidak melawan Thailand. Dia akan melihat kondisi dari Saddil terlebih dahulu.

Ini adalah kali kedua Shin Tae-yong akan berhadapan dengan Thailand. Terutama dengan pelatih Alexander Polking. Pertemuan pertama, terjadi di final Piala AFF 2020. Kala itu, Indonesia kalah dengan agreggat 2-6. "Kami memang kalah oleh Thailand di final Piala AFF 2020, tetapi situasi saat ini berbeda. Ini turnamen untuk U-23 dan kami sudah melakukan persiapan yang cukup baik untuk melawan Thailand," ujar dia menambahkan.

Di atas kertas, dalam lima pertemuan terakhir kedua tim, Thailand lebih unggul dibandingkan Indonesia. Negeri Gajah Putih tersebut meraih tiga kemenangan, sekali kalah dan sekali imbang. Sementara itu, pelatih dari Thailand, Alexandre Polking mengatakan, Indonesia adalah tim terkuat di SEA Games ke-31 ini. Salah satu alasannya adalah mereka sudah berlatih bersama selama enam pekan, dan beberapa di antaranya pernah bermain di Piala AFF 2020 lalu. Namun, Polking mengaku, sudah menyiapkan strategi khusus melawan Indonesia.

Sementara Indonesia punya rekor yang kurang bagus ketika jumpa Thailand di ajang SEA Games. Dari 22 pertemuan, Garuda cuma pernah menang lima kali atas Gajah Putih. Thailand jelas akan menjadi batu hambatan buat Timnas U-23 yang ditargetkan meraih medali emas. Rekor pertemuan antara kedua tim lebih memihak ke Thailand.

Sejauh ini Thailand sangat mendominasi Indonesia. Mereka menang 15 kali, 2 kali imbang, dan cuma kalah 5 kali dari Indonesia. Meski begitu, Indonesia sebenarnya juga tak perlu berkecil hati. Setidaknya mereka punya harapan untuk mengalahkan Thailand sebagaimana terjadi pada SEA Games 2019. Tim asuhan Indra Sjafri sukses menaklukkan Thailand 2-0 pada fase grup SEA Games 2019. Saat itu gol-gol Timnas Indonesia U-22 dicetak oleh Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay. Berikut perkiraan susunan pemain Timnas Indonesia dan Thailand yang akan berlaga sore ini.

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi; Rio Fahmi, Fachrudin Ariyanto, Rizki Rido, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Muhammad Ridwan, Witan Sulaeman

Pelatih: Shin Tae-yong Thailand U-23: Kawin Thammasatchanan; Anusak Jaiphet, Teeraphat Laohabutr, Nakin Wisetchat, Chaturapat Sattham; Weerathep Pomphan, Benjamin Davies, Irfan Dolo; Patrik Gustavsson, Kornwit Tasa, Chakkrit Palaphon Pelatih: Mano Polking. *

Komentar