nusabali

Giliran Kecamatan Negara Terima Bantuan Dana Ngaben Massal

  • www.nusabali.com-giliran-kecamatan-negara-terima-bantuan-dana-ngaben-massal

NEGARA, NusaBali
Untuk meringankan beban masyarakat, Pemkab Jembrana mengalokasikan bantuan dana pengabenan kolektif di masing-masing kecamatan.

Sebelumnya diserahkan bantuan dana ngaben massal di Kecamatan Melaya yang digelar di Desa Adat Sumbersari, Desa/Kecamatan Melaya. Setelah di Kecamatan Melaya, bantuan serupa diturunkan di Desa Adat Dharma Laksana, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara.

Selain ngaben massal, Desa Adat Dharma Laksana juga sekalian mengadakan metatah massal. Adapun nilai untuk bantuan dana ngaben serta matatah massal tersebut sebesar Rp 275 juta. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba kepada panitia di Desa Adat Dharma Laksana, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Senin (16/5).

Salah seorang panitia, I Nengah Sudama mengatakan, pelaksanaan ngaben dan metatah massal, digelar secara gratis berkat adanya bantuan dari Pemkab Jembrana. Total ada 246 peserta dalam ngaben dan metatah massal yang dipusatkan di Desa Adat Dharma Laksana ini. “Dari 246 peserta tersebut, di antaranya 206 peserta ngaben massal. Upacara nyekah 96 peserta, mungkah 5 peserta, dan ngelungah 105 peserta. Kemudian metatah diikuti 40 peserta,” kata Sudama.

Sementara Bupati Tamba mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk perhatian pemkab kepada desa adat untuk meringankan beban krama dalam melaksanakan upacara agama. “Pemerintah Kabupaten Jembrana telah mengalokasikan dana pengabenan secara kolektif di masing-masing kecamatan. Semoga bantuan ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya,” ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Terkait berlangsungnya upacara tersebut, Bupati Tamba juga berharap agar krama selalu menjaga kebersihan, baik itu di lokasi acara dan selalu disiplin menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. “Ini penting untuk selalu dilaksanakan. Tidak berlaku di sini saja, tetapi di tempat lainnya juga. Tadi saya lihat di sini sudah bagus, bersih. Jadi pertahankan terus ke depannya," kata Bupati Tamba yang hadir bersama istri, Gusti Ayu Ketut Candrawati alias Candrawati Tamba. *ode

Komentar