nusabali

Jaga Perairan dari Sampah Plastik, IKEA Luncurkan Kaseberga

  • www.nusabali.com-jaga-perairan-dari-sampah-plastik-ikea-luncurkan-kaseberga

MANGUPURA, NusaBali.com – Isu timbulan sampah plastik yang mencemari lingkungan, khususnya wilayah perairan, menjadi keprihatinan banyak kalangan. Walaupun berbagai regulasi sudah ada, ancaman sampah plastik masih saja menghantui.

Indonesia pun disebut-sebut sebagai pengahsil sampah plastic terbesar di dunia setelah China. “Setiap kali habis hujan, sungai dan perairan lainnya mesti penuh dengan sampah plastik,” kata  Gary Bencheghib, founder Sungai Watch yang sangat getol melakukan poembersihan sungai-sungai di Bali.

Problematika sampah plastik di Bali ini pun acapkali menjadi keluhan wisatawan karena keindahan panorama Pulau Dewata masih ‘diganggu’ adanya sampah plastik.  Bahkan sampah plastik juga masih menjadi momok di sejumlah pantai Pulau Dewata.

“Setiap saat surfing, saya selalu melihat sampah. Padahal kebersihan laut itu penting karena mengganggu pemandangan. Sementarta bagi saya saat surfing, juga kaget ketika di depan ada kayu. Jadi kita harus lompat,” ungkap atlet peselancar internasional Indonesia, Dhea Natasya. 

Dhea, 27,  mengakui jika bersama komunitasnya kerap menyingkirkan sampah plastik dan menempatkan di tempat sampah. Namun upaya ini diakui belum cukup jika tidak diikuti dengan perubahan perilaku di masyarakat menyikapi penggunaan plastik dalam kesehariannya.

“Ya bisa dimulai dari hal kecil, misal  menyingkirkan sampah plastik, membawa tumbler hingga menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan,” ujar peselancar yang sejak usia 14 tahun menggeluti surfing ini.

Menyikapi kondisi ini, serta untuk mendukung penggunaan bahan ramah lingkungan, IKEA meluncurkan meluncurkan produk Kaseberga  yang merupakan hasil kolaborasi dengan World Surf League (WSL).  Istimewanya, produk ramah lingkungan ini diluncurkan di Pulau Dewata pada Jumat (13/5/2022).

“Produk ini terbuat dari bahan ramah lingkungan dan terbarukan dengan desain fungsional untuk menunjang gaya hidup aktif masyarakat yang sadar akan hidup berkelanjutan,” kata Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally.

Tak hanya itu, bersamaan dengan launching produk Kaseberga, IKEA Indonesia juga menginisiasi pengumpulan donasi. Pelanggan yang membeli produk Kaseberga selama periode 13 Mei 2022 sampai 13 Juni 2022 secara tidak langsung juga memberikan donasi untuk melindungi wilayah perairan Indonesia dari sampah plastik. 

"Donasi ini akan diberikan kepada organisasi Sungai Watch untuk melakukan pembersihan sungai agar dapat menyelamatkan laut dari limbah plastik berbahaya yang berasal dari sungai," tegas Sally, sapaan akrab Dyah Fitrisally. 


Komentar