nusabali

Ribuan Calon Mahasiswa Ikuti UTBK di Undiksha

  • www.nusabali.com-ribuan-calon-mahasiswa-ikuti-utbk-di-undiksha

SINGARAJA, NusaBali
2.142 calon mahasiswa akan mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Buleleng.

Selain dari Bali, ribuan calon mahasiswa tersebut juga berasal dari berbagai daerah luar Bali. Ujian akan diselenggarakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada Selasa (17/5) hingga Senin (23/5). Gelombang ke dua pada Sabtu (28/5). Pelaksanaan ujian tersebut akan dibagi dalam dua sesi setip harinya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha Gede Rasben Dantes mengatakan, Undiksha terpilih sebagai lokasi tes UTBK. Ujian akan dilaksanakan di tujuh ruangan, yang tersebar di empat lokasi. Di antaranya, di Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fakultas Ekonomi, dan di Unit Pelayanan Teknik Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK).

Dalam ujian juga akan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebelum masuk ruang ujian, peserta akan dicek suhu tubuhnya. Apabila diatas 35,3 derajat, maka peserta akan dianjurkan untuk duduk dan beristirahat selama beberapa menit. Setelah itu suhu tubuhnya akan dicek kembali. Namun apabila masih diatas 35.3 derajat, peserta akan diarahkan untuk mengikuti ujian di ruang tersendiri. "Meski saat ini kasus Covid-19 telah melandai, tetap  menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan UTBK. Kami juga punya tim kesehatan yang akan mendampingi," kata Dantes, Senin (16/5) siang. Peserta juga tetap diwajibkan menggunakan masker dan hand sanitizer. Ruang ujian disemprot dengan cairan desinfektan baik sebelum dan sesudah ujian.

Khusus untuk peserta dari luar Bali, nantinya akan menyesuaikan dengan syarat perjalanan dalam negeri. Dari data peserta, 95 persen peserta ujiannya rata-rata dari Bali. Sisanya ada yang dari Jawa Timur, Sumatera dan Jakarta. "Yang dari luar Bali itu kemungkinan sudah ada di Bali sekarang. Sesuai aturan, kami tidak lagi melaksanakan rapid tes di tempat," imbuh Dantes.

Untuk diketahui, ribuan peserta yang akan menjalani UTBK di Undiksha bukan lah calon mahasiswa di Undiksha saja. Ada beberapa peserta yang memilih untuk kuliah di jniversitas lain yang ada di Indonesia. Peserta bebas memilih lokasi untuk melaksanakan tes dan memilih universitas. *mz

Komentar