nusabali

Rai Wahyuni Sanjaya Dukung Pasar Rakyat di Klungkung

  • www.nusabali.com-rai-wahyuni-sanjaya-dukung-pasar-rakyat-di-klungkung

TABANAN, NusaBali
Ketua TP PKK Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya datang ke Kabupaten Klungkung berbagi bersama masyarakat Bumi Serombotan pada Jumat (13/5).

Kedatanganya itu untuk mendukung aksi sosial Pasar Rakyat sebagai program unggulan PKK. Aksi sosial yang bertema ‘Menyapa Masyarakat’ ini dihadiri langsung Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster serta para Ketua TP PKK se-kabupaten/kota di Bali. Terlihat hadir juga Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dan Kadis DPMD dari masing-masing kabupaten/kota.

Pasar Rakyat yang rutin dilakukan setiap bulan ini berlangsung secara roadshow di masing-masing kabupaten di Bali. Kabupaten Klungkung menghadirkan hasil bumi pertanian serta kerajinan asli IKM dan UMKM masyarakat yang bisa dibeli secara langsung oleh para pengunjung.

Para undangan kemudian dipersilakan untuk berbelanja dan hasilnya nanti akan kembali diberikan kepada masyarakat Klungkung. Ini merupakan wujud aksi sosial program kerja TP PKK yang digalangkan selama beberapa bulan terakhir.

Tak hanya itu, dalam aksi sosial tersebut ada 100 orang penerima manfaat yang berasal dari 4 kecamatan di kabupaten Klungkung, dipersiapkan untuk menerima bantuan dari TP PKK. Di mana masing-masing kecamatan berjumlah 25 orang penerima bantuan, termasuk di Nusa Penida. Kriteria penerima bantuan adalah masyarakat yang kurang mampu dan tentunya yang terdampak covid 19.

Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan, baginya geliat Pasar Rakyat ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi masyarakat di Kabupaten/Kota di Bali. “Program Pasar Rakyat di Klungkung ini patut diberikan apresiasi. Banyaknya IKM dan UMKM yang hadir juga bukti masyarakat Klungkung yang bangkit dan bersama-sama memajukan sektor perekonomian, terlebih di masa Pandemi ini,” ujarnya.

Untuk itu dia juga berpesan senantiasa menjalankan program PKK dengan hati yang tulus dan cinta yang besar. “Dengan hati yang tulus pasti akan memberikan perubahan yang besar, apalagi jika dilakukan secara bergotong-royong, seperti Pasar Rakyat ini, kita membeli hasil produksi masyarakat untuk dibagikan kembali ke masyrakat, jadi sama-sama membantu,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi, Putri Koster dalam arahannya, menekankan beragam manfaat yang bisa dihasilkan dari pelaksanaan Pasar Rakyat ini. selain memberikan kesempatan bagi para anggota TP PKK antar kabupaten/kota se-Bali untuk bertemu secara rutin selama sebulan sekali, namun juga bisa memberikan bantuan dan perhatian langsung bagi masyarakat serta dikemas dalam suasana yang ceria dan bahagia.

“Kita pilih acara sesuai dengan kondisi pandemi seperti sekarang, yaitu menyapa masyarakat dan berbagi kepada masyarakat. Dengan berbelanja dan berbagi, serta didasari oleh ketulusan hati, kami hadir untuk menyapa semeton Kabupaten Klungkung,” ungkapnya.

Di pertemuan tersebut, pihaknya juga sekaligus menekankan tugas pokok dari Ibu PKK yang utamanya adalah mengayomi, membimbing dan menjembatani agar permasalahan-permasalahan kecil yang ada di keluarga bisa dicarikan solusinya. Termasuk masalah-masalah seperti menjaga kesehatan lansia, disabilitas dan ibu hamil KEK (kekurangan energy kronik), serta berjuang untuk mengatasi penurunan angka stunting.

“Kalau satu persatu masalah kita selesaikan, niscaya visi PKK untuk mewujudkan keluarga yang sehat, cerdas dan berdaya guna, dengan dilandasi ahlak yang mulia, akan segera terwujud,” pesan Putri Koster. *des

Komentar