nusabali

Puncak Hari Buruh di Denpasar Dimeriahkan Tari Pendet Massal

  • www.nusabali.com-puncak-hari-buruh-di-denpasar-dimeriahkan-tari-pendet-massal

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi (TKSK) bersama seribuan pekerja dari 55 perusahaan di Denpasar mengadakan puncak peringatan Hari Buruh (May Day) 2022, di Taman Insiprasi Muntig Siokan, Desa Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Jumat (13/5) pagi.

Digelarnya puncak peringatan di kawasan wisata Sanur diharapkan bisa ikut mempromosikan salah satu tempat wisata di Kota Denpasar. Turut memeriahkan acara, sekitar 60-an penari yang merupakan perwakilan perusahaan, tampil menarikan Tari Pendet.

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Kadis TKSK Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta W, Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Trio Hadi, Kalporesta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas, dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua Panitia May Day 2022 I Wayan Supartana menuturkan peringatan Hari Buruh di Kota Denpasar diselenggarakan selama dua hari. Hari pertama Kamis (12/5) dengan persembahyangan dan aksi bersih-bersih pantai, puncak acara pada Jumat (13/5) diisi dengan pergelaran seni sekaligus pemberian hadiah kepada para perusahaan pemenang penilaian sarana hubungan industrial.

“Kalau orang bicara May Day pasti orasi, demo. Tapi kami di Kota Denpasar mengedepankan kebersamaan, rasa solidaritas, kami lakukan hal-hal berbau budaya, seni,” ujar Supartana yang juga Ketua Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan (SPTK) Prime Plaza Hotel and Suites Sanur.

Dijelaskannya, perayaan May Day juga berdasarkan filosifi Tri Hita Karana. Harmoni dengan Sang Pencipta dilakukan dengan melakukan persembahyangan di pura-pura yang ada di sekitar Pantai Mertasari, yakni Pura Mertasari, Pura Tirta Empul, dan Pura Dalem Pangembak.

Sementara harmoni dengan alam diwujudkan dengan aksi bersih-bersih pantai, dan harmoni dengan sesama dilakukan dengan mengadakan pertemuan bersama seluruh pihak baik dari pemerintah, perusahaan, maupun pekerja.

Lima perusahaan berhasil membawa pulang hadiah sebagai pemenang penilaian sarana hubungan industrial di Kota Denpasar, yakni PT Canning Indonesian Product, PT Citra Batavia (B Hotel), PT Soejasch Bali, PT Cut Make Trim, dan PT Intimas Surya.

“Hubungan industrialnya bagaimana, kesejahteraannya bagaimana, terkait hubungan antara pekerja dengan manajemen,” kata Supartana mengenai kriteria penilaian pemenang.

Walikota Jaya Negara yang turut menyerahkan hadiah kepada para pemenang mengucapkan terima kasih kepada panitia, pekerja, dan pengusaha yang sudah bersinergi dengan semangat menyama braya melaksanakan perayaan May Day 2022.

“Saya mendengar di Jakarta, 70.000 buruh akan turun melakukan demo, tapi kita di sini melaksanakan aksi sosial, apalagi kita di Bali ekonomi mau bangkit tentu suasana ini sangat mendukung,” ujar Walikota Jaya Negara. *cr78

Komentar