nusabali

PLN Catat Rekor Peningkatan Beban Puncak

  • www.nusabali.com-pln-catat-rekor-peningkatan-beban-puncak

Beban puncak listrik ini menjadi rekor tertinggi selama pandemi Covid-19. Beban tertinggi tercatat pada 7 Mei 2022, yakni sebesar 818,3 MW.

DENPASAR, NusaBali
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali mencatat beban puncak listrik rata-rata selama periode libur Lebaran yakni 29 April 2022 sampai 8 Mei 2022 sebesar 807,5 mega watt (MW). Peningkatan itu cukup tajam jika dibandingkan dengan sepekan sebelumnya yang hanya mencapai 793,9 MW.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali I Wayan Udayana, Jumat (13/5), mengungkapkan bahwa beban puncak listrik ini menjadi rekor tertinggi selama pandemi Covid-19. Sedangkan beban tertinggi tercatat pada 7 Mei 2022, yakni sebesar 818,3 MW.

Peningkatan ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan beban puncak pada periode Lebaran tahun sebelumnya yang hanya mencapai 681,3 MW. Udayana menambahkan hingga akhir April 2022, golongan tarif bisnis mengalami peningkatan penjualan yang signifikan hingga 18,25 persen dibandingkan dengan golongan tarif lainnya.

Sedangkan untuk pendapatan selama libur Lebaran berlangsung akan terbaca di akhir Mei mendatang. “Kami memperkirakan hal ini diakibatkan adanya peningkatan kunjungan wisata ke Bali. Namun untuk perhitungan pastinya akan kami sampaikan di akhir Mei 2022,” ucap Udayana.

Menurutnya, adanya peningkatan beban puncak listrik ini mengindikasikan peningkatan konsumsi listrik oleh pelanggan, dan menjadi sinyal yang sangat baik bagi pemulihan perekonomian Bali.  “Walaupun beban puncak tertinggi yang tercatat belum mencapai beban puncak tertinggi sebelum pandemic. Namun kami optimistis bahwa ke depannya konsumsi listrik akan semakin meningkat,” imbuhnya.

Untuk mendukung hal tersebut, PLN terus berupaya memberikan layanan terbaik demi meningkatkan kepuasan pelanggan, salah satunya dengan digitalisasi layanan yang bisa diakses 24 jam.

Selain itu, menurut Udayana, saat ini PLN juga memberikan promo tambah daya bagi pelanggan melalui program Lebaran Ceria. Hanya dengan membeli produk Home Appliances sebesar Rp 100.000, pelanggan dapat memperoleh voucher tambah daya dengan hanya membayar Rp 150.000. *mis

Komentar