nusabali

Pedagang Diberi Kesempatan Hingga Desember

Manfaatkan Kantong Parkir Jalan Pantai Kuta untuk Berjualan

  • www.nusabali.com-pedagang-diberi-kesempatan-hingga-desember

MANGUPURA, NusaBali
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kuta memberi kesempatan pedagang yang memanfaatkan lahan parkir di Jalan Pantai Kuta untuk berjualan hingga Desember mendatang.

Hal ini dikarenakan kondisi perekonomian saat ini belum sepenuhnya pulih, ditambah peningkatan kunjungan wisatawan masih belum merata.

Ketua LPM Kuta Putu Adnyana mengatakan kondisi saat ini memang sudah mulai kelihatan wisatawan yang datang. Namun, katanya, perekonomian belum sepenuhnya pulih, sehingga masih memberikan kesempatan para pedagang berjualan di lahan parkir sepanjang jalan Pantai Kuta, bahkan hingga Desember mendatang.

“Selama libur Lebaran memang terjadi peningkatan kunjungan wisata ke Kuta. Tapi sepertinya itu belum membuat perekonomian berputar secara merata, sebab kebanyakan pengunjung yang datang itu tujuannya berwisata,” kata Adnyana, Jumat (13/5).

Diakuinya, selain belum merata, kunjungan tersebut masih fluktuatif, sehingga dirasa belum efektif memutar roda perekonomian masyarakat secara optimal, karena perputaran ekonomi hanya terjadi beberapa hari saja. Berkaca dari kondisi itu, program pemberdayaan masyarakat lokal masih akan tetap dilanjutkan. “Sampai ekonomi Kuta kembali pulih. Minimal hal itu akan dilakukan selama masa kepengurusan LPM saat ini berakhir pada Desember 2022,” kata Adnyana.

Masih menurut Adnyana, selama ini program yang memanfaatkan kantong parkir untuk berjualan itu terbukti mampu memberikan harapan hidup masyarakat Kuta, karena respon pembeli cukup bagus dan membuat ekonomi masyarakat sedikit berputar. “Masyarakat kami antusias dalam menyambut program tersebut, kurang lebih ada sekitar 60-an orang yang terdaftar berdagang. Tapi itu tidak bisa seterusnya dilakukan. Itu hanya sementara saja sebagai upaya menggerakkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

“Saya harap minimal Desember ini sudah clear. Ini akan kami tuntaskan dulu sampai masa pengurus lama berakhir. Jika program ini mau dilanjutkan, silahkan nanti dikonsepkan lagi oleh pengurus yang baru nanti,” tandas Adnyana. *dar

Komentar