nusabali

Amankan GPDRR, Polda Bali Siagakan 2.832 Personel

  • www.nusabali.com-amankan-gpdrr-polda-bali-siagakan-2832-personel

DENPASAR, NusaBali
Polda Bali siagakan 2.832 personel untuk mengamankan event Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 yang akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada 23-28 Mei 2022.

Ribuan personel yang akan disiagakan itu terdiri dari 1.476 personel Polda Bali, 997 personel Satwil, dan 359 personel BKO dari Mabes Polri. Hal ini diungkapkan Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra usai upacara pembukaan Latihan Pra Operasi Puri Agung V tahun 2022 yang digelar di Gedung Budaya Giri Niti Mandala Kabupaten Badung, Jumat (13/5) pagi. Latihan dengan sandi Operasi Puri Agung tersebut digelar dalam rangka pengamanan GPDRR. Operasi ini akan digelar 10 hari sejak 20-29 Mei 2022.

Kapolda Irjen Putu Jayan menegaskan persiapan pengamanan ini untuk menunjukkan bahwa Polda Bali atau pihak kepolisian umumnya siap mengamankan setiap event baik skala nasional maupun internasional yang diselenggarakan di Bali. Persiapan pengamanan dalam event GPDRR sangat penting, sebab event tersebut akan dihadiri 4.000 delegasi secara luring dan 2.000 delegasi secara daring.

Persiapan pengamanan ini juga merupakan rangkaian dari pengamanan kegiatan berskala internasional lainnya yang akan diselenggarakan di Bali. Kapolda berharap dukungan penuh dari masyarakat di Bali, utamanya menciptakan keamanan dan ketertiban. "Kegiatan GDPRR ini merupakan momentum yang sangat baik bagi seluruh negara yang mengikuti untuk sharing informasi terkait dengan metode maupun upaya mitigasi dan penanggulangan bencana," ungkap Irjen Putu Jayan yang dalam kegiatan kemarin didampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol I Ketut Suardana dan sejumlah pejabat utama Polda Bali.

Dalam sambutannya, Kapolda mengungkapkan berdasarkan data dari BNPB, tahun 2022 telah terjadi 1.468 kejadian bencana alam, terdiri dari gempa bumi 10 kali, kebakaran hutan dan lahan 69 kali, kekeringan 1 kali, banjir 572 kali, tanah longsor 270 kali, cuaca ekstrem 538 kali, gelombang pasang dan abrasi 8 kali. Sedangkan bencana non alam yang mulai terjadi tahun 2019 sampai dengan saat ini mewabah di seluruh dunia, yaitu pandemi Covid-19.

"Khusus di Provinsi Bali sendiri, pada tahun 2022 telah tercatat 11 kejadian bencana alam, yang terdiri dari puting beliung 4 kali, tanah longsor 4 kali, dan banjir 3 kali. Event Internasional dua tahunan ini merupakan sejarah baru bagi Indonesia, karena kita diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah GPDRR pertama di Kawasan Asia Pasifik dan negara kedua di luar Jenewa, Swiss," ungkap Kapolda.

Adapun 7th GPDRR Tahun 2022 akan dilaksanakan di BNDCC Nusa Dua dari tanggal 23-28 Mei 2022. Rencananya event tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). GPDRR kali ini mengusung tema ‘Memperkuat Kemitraan Menuju Ketangguhan Berkelanjutan (Fostering Collaboration Toward Suistanable Resilience)’. *pol

Komentar