nusabali

Belanja Makmin Paling Laku Selama Ramadan, UMKM Mendapat Berkah

  • www.nusabali.com-belanja-makmin-paling-laku-selama-ramadan-umkm-mendapat-berkah

JAKARTA, NusaBali.com - Belanja online selama bulan Ramadan 2022 menunjukkan peningkatan. Bukan hanya perlengkapan ibadah, melainkan juga berbagai kebutuhan seperti makanan dan minuman (makmin), fesyen dan rumah tangga.

“Penjualan perlengkapan ibadah melonjak hampir 4 kali lipat. Kerudung, gamis dan peci menjadi beberapa produk fesyen muslim paling banyak diburu masyarakat,” ungkap Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Dalam Virtual Media Gathering Tokopedia, Kamis (12/5/2022), Ekhel Chandra Wijaya menyebutkan bahwa Tokopedia Ramadan Ekstra dan banyak kampanye lainnya mendorong peingkatan penjualan selama bulan Ramadan. “Hal ini mendorong makanan dan minuman (makmin), fesyen dan rumah tangga menjadi kategori favorit masyarakat,” ungkap Ekhel.

Adapun produk makmin terlaris di antaranya madu, kue kering, kopi, hingga mie instan.  Begitu juga tren saling mengirim parsel, jenis parsel yang kerap dikirim masyarakat adalah kue kering, perlengkapan ibadah dan perawatan tubuh. “Jarak terjauh untuk pengiriman parsel adalah dari Pekanbaru ke Jayapura,” ujarnya.  

Pipiltin Cocoa, besutan Tissa Aunilla dan Irvan Helmi, merupakan contoh UMKM lokal yang memanfaatkan momen Ramadan untuk mendongkrak penjualan. Bisnis mereka memberdayakan lebih dari 2.000 petani cokelat lokal dari Aceh hingga Papua. “Penjualan Pipiltin Cocoa meningkat lebih dari 3 kali lipat berkat kampanye Tokopedia Parsel Ramadan,” ungkap Tissa.

Tren menarik lainnya selama Ramadan lalu adalah animo masyarakat dalam berbagi serta beribadah dari rumah selama Ramadan terus meningkat. “Terkumpul lebih dari Rp 15 miliar dari donasi, zakat, wakaf dan fidyah di Tokopedia,” ungkap Ekhel. 

Komentar