nusabali

HUT Ke-818 Jadi Momen Kebangkitan Bangli

  • www.nusabali.com-hut-ke-818-jadi-momen-kebangkitan-bangli

BANGLI, NusaBali
Perayaan HUT ke-818 Kabupaten Bangli berlangsung semarak, Selasa (10/5). Tema HUT yakni Bangli The Origin Of Bali, jadi momen kebangkitan Bangli.

Buat pertama kalinya apel peringatan HUT Kabupaten Bangli digelar di alun-alun Kota Bangli. Apel peringatan HUT Kabupaten Bangli dipimpin Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. Apel dihadiri bupati dan walikota se-Bali dan Ketua DPRD se-Bali.

Menurut Bupati Sedana Arta, apel peringatan HUT ke-818 Kabupaten Bangli merupakan momentum kebangkitan Bangli era baru setelah sempat ‘beristirahat’ karena hantaman Covid-19. “Ini sebagai bukti yang bisa kita lakukan di Bangli dengan membuat lompatan-lompatan pembangunan. Apel kali ini lebih spesial karena untuk pertama kali berlangsung di alun-alun,” ungkap Bupati Sedana Arta. Bupati akan terus melakukan lebih banyak terobosan dan inovasi. Langkah pertama dengan merevisi RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah).

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, membangun Bangli perlu detail tata ruang sebagai modal memberikan kepastian bagi investor berinvestasi di Bangli. “Mudah-mudahan dalam satu bulan ke depan Bangli sudah punya RTRW yang baru,” harap Bupati Sedana Arta. Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Bangli ini menyampaikan terobosan dan inovasi akan dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Salah satunya yang sudah berjalan adalah pembenahan di RSU Bangli. “Pembenahan di RSU Bangli terbukti mampu menaikkan PAD,” ujar bupati yang juga Ketua DPC PDIP Bangli ini.

Bupati juga mengatakan Bangli sudah mulai mendapat pengakuan dari kabupaten/kota lainnya. “Kawan-kawan kabupaten lain sudah mengakui pariwisata Bangli sudah mulai bergeliat. Dengan adanya kepastian hukum, investor tidak ragu-ragu lagi menanamkan investasinya di Bangli,” tegasnya. Apel peringatan HUT ke-818 Kabupaten Bangli menampilkan parade semaphore pramuka yang melibatkan 1.000 siswa SMP. Bupati dan jajaran Forkompinda Bangli menyanyikan lagu Kebyar-kebyar ciptaan Gombloh sebagai bentuk nasionalisme dan membangkitkan persatuan dan kesatuan serta semangat ‘jengah’ membangun Bangli.

Sore hari dilanjutkan resepsi peringatan HUT. Acara diawali dengan parade seni bela diri dan parade budaya dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Bangli. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menegaskan, melibatkan banyak anak muda agar semua bisa terwakili memeriahkan peringatan HUT Kabupaten Bangli. Anak muda mempunyai potensi yang besar di segala bidang. “Harus dibangun mentalitasnya untuk kemajuan kabupaten Bangli yang kita cintai,” ungkap Bupati Sedana Arta. *esa

Komentar