nusabali

Mabes Polri Pantau Arus Balik di Pelabuhan Padangbai

  • www.nusabali.com-mabes-polri-pantau-arus-balik-di-pelabuhan-padangbai

AMLAPURA, NusaBali
Analis Kebijakan Utama Bidjemenops Itwasum Polri dipimpin Brigjen Pol Yehu Wangsajaya memantau puncak arus balik di Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Minggu (8/5) sore.

Brigjen Pol Yehu Wangsajaya didampingi Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasum Kombes Pol Jukiman Situmorang dan Kombes Pol Bayu.

Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna menjelaskan, cuaca di Selat Lombok selama arus mudik dan arus balik bersahabat, pelayaran dan bongkar muat kapal di Pelabuhan Padangbai jadi lancar. Terakhir, cuaca Selat Lombok dengan kecepatan angin 4-10 knot per jam, tinggi gelombang 0,5 meter-1,25 meter. Parkir di Pelabuhan Padangbai dengan daya tampung 150 unit kendaraan, tidak pernah terisi penuh. Antisipasi jika parkir Pelabuhan Padangbai penuh maka berkoordinasi dengan Pos Pam Banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis untuk parkir kendaraan.

Jika di Pos Pam Yeh Malet penuh, berkoordinasi dengan Pos Pam Goa Lawah Klungkung untuk parkir kendaraan di Jalan Bypass Ida Bagus Mantra. “Selama arus mudik dan arus balik tidak ada penumpukan kendaraan,” jelas AKBP Ricko AA Taruna. Pos di Pelabuhan Padangbai dibuka 24 jam dan menyediakan pelayanan vaksin. Polres Karangasem juga membangun 12 pos pantau yang tersebar di objek wisata di Karangasem. “Selama arus mudik dan arus balik, dua kali terjadi lakalantas,” jelas AKBP Ricko AA Taruna. Selama Operasi Ketupat Agung 2022 tidak ada kecelakaan di laut.

Brigjen Pol Yehu Wangsajaya mengapresiasi pengamanan di Pelabuhan Padangbai hingga membentuk 12 pos pantau di sejumlah objek wisata. “Saya apresiasi dengan melakukan antisipasi penumpukan kendaraan di tiga parkir yang tersedia, walau kenyataannya belum pernah terjadi antrean,” kata jenderal bintang satu ini. Selama arus mudik dan arus balik, cuaca di Selat Lombok bersahabat sehingga penyeberangan berjalan normal, termasuk bongkar muat lancar. Penumpang yang balik pasca Lebaran belum begitu ramai, walau di puncak arus balik. *k16

Komentar