nusabali

Cegah Hepatitis Akut, Diskes Imbau Tingkatkan Pola Hidup Sehat

  • www.nusabali.com-cegah-hepatitis-akut-diskes-imbau-tingkatkan-pola-hidup-sehat

SEMARAPURA, NusaBali
Setelah kasus Covid-19 melandai, masyarakat kini dihantui kemunculan penyakit Hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Di Klungkung, penyakit ini belum ditemukan. Namun Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung mengimbau agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat.Kepala Diskes Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni mengaku tetap mencegah penyakit itu dengan menggelar sosialisasi, agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. "Untuk di kecamatan, kasus Hepatitis akut tersebut belum kami temukan," kata dr Swapatni.
 
Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan pandemi Covid-19, salah satunya memakai masker. "Pemakaian masker juga upaya pencegahan Hepatitis ini, karena kita belum mengetahui penyebab penyakit ini," ujar dr Swapatni.

Sementara itu, RSUD Klungkung juga telah menerima Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan RI tentang kewaspadaan terhadap penemuan hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabinya (acute hepatitis of uknown aetiology).

Plt Dirut RSUD Klungkung dr I Nyoman Kesuma, mengatakan secara umum surat edaran itu meminta pihak rumah sakit mewaspadai pasien dengan gejala sindrom jaundice acute (penyakit kuning) yang tidak diketahui penyebabnya. RSUD diminta melaporkan jika ada kasus itu ke Dirjen P2 (Pengendalian Penyakit) Kemenkes dan Diskes Klungkung.

Kalau pun ditemukan kasus Hepatitis akut tersebut, pihak RSUD Klungkung sudah memiliki ruang isolasi non Covid-19, untuk perawatan pasien infeksi menular.

Meskipun diminta mewaspadai hal tersebut, jelas dr Kesuma, masyarakat jangan panik. Terlebih penyakit ini bisa dicegah dengan membiasakan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Seperti, rajin mencuci tangan dengan sabun serta mengkonsumsi minuman atau makanan yang benar-benar matang. *wan

Komentar