nusabali

Antisipasi Gacong, Satpol PP Gencarkan Patroli

  • www.nusabali.com-antisipasi-gacong-satpol-pp-gencarkan-patroli

MANGUPURA, NusaBali    
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung gencarkan razia razia gacong alias guide liar di wilayah Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan.

Hal ini semata untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata, terlebih saat musim liburan seperti sekarang.

Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan razia dilakukan berangkat dari laporan masyarakat adanya aktivitas gacong yang kerap beraksi di jalur pariwisata yang ada di Kecamatan Kuta Selatan. “Seiring dengan menggeliatnya aktivitas pariwisata, aktivitas gacong ini banyak dikeluhkan. Makanya sejak libur Lebaran, kami rutin patroli di titik yang digunakan untuk mangkal,” kata Suryanegara, Minggu (8/5).

Namun, lanjut Suryanegara, keberadaan para gacong kerap kucing-kucingan dengan petugas. “Ini yang membuat kami sedikit kesulitan untuk mengamankan mereka,” aku Suryanegara.

“Saat petugas datang ke titik yang kerap digunakan untuk menunggu target, para gacong ini langsung bubar dan menghilang. Jadi mereka sudah tahu, pas tim datang, ada yang langsung bubar dan kabur meninggalkan lokasi tongkrongan,” imbuh Suryanegara.

Walau demikian, petugas tetap disiagakan di titik strategis, demi mengantisipasi kemunculan para gadong. “Kami sudah antisipasi dengan menyiagakan personel di titik kumpul mereka, beberapa hari belakangan ini mereka tidak muncul lagi,” katanya.

Untuk diketahui, stakeholder terkait di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, termasuk dari desa adat sepakat menolak keberadaan para gacong. Bahkan telah pula disepakati dilakukannya penegakan hukum. Jika terbukti adanya hubungan kerja sama antara gacong dengan pengusaha, maka akan diambil tindakan hukum sesuai ketentuan yang berlaku. Baik itu berupa penghentian sementara hingga penghentian tetap. *dar

Komentar