nusabali

Tim Provinsi Bali Bina Gong Kebyar Duta Badung

Tahun ini Badung Mengikuti 13 Materi Sekaligus

  • www.nusabali.com-tim-provinsi-bali-bina-gong-kebyar-duta-badung

Pembinaan dari Tim Pembina Gong Kebyar Provinsi Bali bagian dari finalisasi materi yang akan ditampilkan oleh Duta Kabupaten Badung nanti.

MANGUPURA, NusaBali

Tim Pembina Gong Kebyar Provinsi Bali memberikan pembinaan Gong Kebyar Duta Kabupaten Badung untuk Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV Tahun 2022, di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Minggu (8/5). Pada PKB tahun ini dengan tema ‘Danu Kerthi Huluning Amreta’, bermakna memuliakan air sebagai sumber kehidupan, Duta Kabupaten Badung akan mengikuti 13 materi sekaligus.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gede Eka Sudarwitha, mengatakan pembinaan dari Tim Pembina Gong Kebyar Provinsi Bali, merupakan bagian dari finalisasi materi yang akan ditampilkan oleh Duta Kabupaten Badung nanti. “Jadi ini persiapan terakhir, bisa dibilang gladi sebelum tampil,” ujarnya.

“Tadi dari tim juga menekankan agar penampilan dari Duta Kabupaten Badung tidak lepas dari tujuan dilaksanakannya PKB, yakni pelestarian tradisi, seni, dan budaya,” tegas mantan Camat Petang ini.

Lebih lanjut Sudarwitha mengatakan, Kabupaten Badung mengikuti 13 materi dalam perhelatan PKB XLIV Tahun 2022 yang bakal dilaksanakan selama sebulan penuh, mulai 11 Juni hingga 9 Juli 2022. Adapun 13 materi yang diikuti meliputi, parade gong kebyar dewasa, gong kebyar wanita, gong kebyar anak-anak, baleganjur, lomba bapang barong, gender wayang. Ada pula parade gong semara pegulingan, pementasan topeng bondres, selonding kreatif, janger tradisi, arja klasik, gong suling inovatif, dan drama gong tradisi.

“Tahun ini Badung cukup banyak mengikuti materi yang diberikan oleh provinsi. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya mengikuti 6 materi saja,” katanya.

Dalam pementasan nanti, Duta Kabupaten Badung akan menampilkan Gong Kebyar Anak-Anak yang diwakili oleh Sanggar Seni Dwi Kumala, Banjar Ulapan 2, Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal. Sanggar Seni Dwi Kumala akan menampilkan Tabuh Kreasi Pepanggulan Gili Manik, Tabuh Kreasi Palguna Warsa Menanti Hujan Teduh dan Dolanan Lelakut.

Sedangkan Gong Kebyar Wanita yang diwakili oleh Sanggar Seni Nawa Ratna, Banjar Peken, Desa Adat Bualu, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan akan menampilkan Tabuh Pepanggulan Tapak Ngalu, Tari Kreasi Mesolah Bawa dan Gegitaan Telaga Waja Sakti.

Dan yang terakhir Gong Kebyar Dewasa yang diwakili oleh Sanggar Seni Mario Bros, Banjar Sengguan, Desa Buduk, Kecamatan Kuta Utara, yang menampilkan Tabuh Pat Lelambatan Segara Wera, Tabuh Kreasi Anglukat Agung dan Tari Kreasi Toya Raga.

“Dari tiga kecamatan yang mewakili Kabupaten Badung pentas di Gedung terbuka Ardha Candra Denpasar sangat antusias dan semangat sekali. Semoga bisa berjalan dengan lancar,” harapnya. *asa

Komentar