nusabali

Turis Kanada Jatuh dari Jembatan Setinggi 50 Meter di Uluwatu

  • www.nusabali.com-turis-kanada-jatuh-dari-jembatan-setinggi-50-meter-di-uluwatu

MANGUPURA, NusaBali.com - Petaka menimpa seorang warga Kanada, HSA. Diduga karena asik 'foto-foto' memanfaatkan keindahan panorama sunset dari atas Jembatan  Uluwatu, wisatawan berusia 35 tahun ini terjatuh dari ketinggian sekitar 50 meter.

Peristiwa yang terjadi pada Sabtu (7/5/2022) petang ini awalnya tidak diketahui, lantaran korban hanya sendirian. Namun warga curiga melihat sebuah sepeda motor tak bertuan diparkir di atas jembatan, hingga akhirnya pihak Balawista melaporkan ke Basarnas Bali.  "Kami terima laporannya pada pukul 18.10 Wita dari Bapak Somar," terang Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada.

Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar) langsung memberangkatkan sembilan orang personel menuju lokasi.  Dengan melihat TKP yang diperkirakan mencapai 50 meter, maka tim dilengkapi dengan peralatan mountaineering. 

Ternyata benar, di dasar jembatan ada korban tergeletak tak berdaya. Dari diagnosis awal, korban mengalami luka-luka dan patah lengan kiri.  "Ketika personel diturunkan untuk mengecek kondisi korban, diketahui masih selamat, dan sesegera mungkin diturunkan tandu untuk mengangkat korban ke atas jembatan," ungkap Gede Darmada. 

Evakuasi membutuhkan waktu cukup panjang, sekitar satu jam, karena memperhitungkan kondisi korban yang jatuh dari jembatan.   "Pemindahan korban betul-betul diperlukan kehati-hatian dan kecermatan, sehingga akhirnya tim SAR gabungan berhasil menolong korban dalam kondisi selamat," jelas Darmada. 

Setelah terevakuasi, korban diberikan pertolongan pertama dan selanjutnya dibawa menggunakan ambulans Banser Kabupaten Badung ke RS Bali Jimbaran.  Selama berlangsungnya evakuasi melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Polsek Kuta Selatan, Balawista Kabupaten Badung Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Balawista Labuan Sait, serta warga setempat.

Komentar