nusabali

Hari Ini, Puncak Arus Balik di Padangbai

  • www.nusabali.com-hari-ini-puncak-arus-balik-di-padangbai

Penumpang yang masih sepi  pada H+5 Lebaran menguatkan prediksi puncak arus balik di Pelabuhan Padangbai terjadi pada Minggu (8/5).

AMLAPURA, NusaBali

Penumpang arus balik yang turun di Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Sabtu (7/5), masih landai. Penumpang yang turun belum mengalami peningkatan signifikan.

Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai, Nikson M Ambarita mengatakan, arus balik dari Pelabuhan Lembar Lombok menuju Pelabuhan Padangbai, belum terlihat ada peningkatan signifikan. Hal ini berbeda dengan arus mudik yang pada H-3 mulai ramai, terutama di malam hari. "Belum terlihat ada peningkatan jumlah penumpang yang turun di Pelabuhan Padangbai," kata Nikson.

Karena itu Nikson memperkirakan puncak arus balik terjadi pada  Minggu (8/5) atau H+6  setelah merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin yang menyebut belum ada lonjakan penumpang. "Peningkatan penumpang ada sejak tiga hari terakhir di pagi hari, tapi sedikit," jelasnya.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol Made Suadnyana, juga menyatakan mengantisipasi arus balik pada Minggu (8/5). "Penumpang yang turun di Pelabuhan Padangbai, masih sepi, diperkirakan ramai Minggu (8/5) malam hingga Senin (9/5) pagi," katanya.

Di bagian lain, Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan  Penyeberangan Padangbai BPTD Wilayah XII Bali-NTB I Nyoman Agus Sugiarta, mengatakan hanya tersedia 22 kapal dari 26 kapal  yang melayani angkut arus balik pasca lebaran, 4 kapal yang masuk dok: KMP Citra Nusantara milik PT Jembatan Nusantara, KMP Swarna Kartika milik PT Jembatan Nusantara, KMP PBK Muryati milik PT Pewete Bahtera Kencana dan KMP Munic III milik PT Munic Line. Sedangkan kapal bongkar muat, selama dua jam, di dua dermaga. *k16

Komentar