nusabali

Arus Mudik, 3 Kecamatan Jadi Sasaran Sidak Duktang

  • www.nusabali.com-arus-mudik-3-kecamatan-jadi-sasaran-sidak-duktang

TABANAN, NusaBali
Satpol PP Kabupaten Tabanan berencana menggelar sidak dengan menyasar duktang (penduduk pendatang).

Langkah  ini sejalan dengan arus baluk usai Lebaran yang telah dimulai. Sidak juga untuk mendata kedatangan duktang baru sekaligus mencegah hal negatif yang bisa mengganggu ketertiban wilayah di Tabanan.

Sidak duktang rencana digelar mulai pekan ini. Sasarannya adalah kos-kosan hingga SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) untuk mengantisipasi adanya pengamen jalanan. Sidak yang akan digelar diprioritaskan di Kecamatan Kediri, Tabanan, dan Kerambitan sebagai daerah yang dominan mengalami lonjakan kedatangan  duktang.

Kepala Satpol PP Tabanan I Gede Sukanada mengatakan, pihaknya telah melaksanakan persiapan untuk menggelar sidak. Sesuai rencana atau jadwal sidak duktang akan digelar mulai pekan ini. "Kami juga sudah berkoordinasi dengan porkopimda di kecamatan yang memiliki jumlah penduduk signifikan," jelasnya, Jumat (6/5).

Dikatakan, sidak duktang ini akan menyasar sejumlah kos-kosan dan kontrakan yang ada di Tabanan. Bahkan tak luput seluruh SPBU akan menjadi pantauan Satpol PP mengantisipasi adanya pengamen yang menganggu ketertiban umum. "Tiga kecamatan yang kami prioritaskan dalam sidak duktang yakni Tabanan, Kerambitan dan Kediri karena memiliki jumlah kenaikan pendatang yang signifikan dari pengalaman sebelumnya," tegas Sukanada.

Menurutnya sidak digelar selain untuk ketertiban administrasi dan pendataan jumlah penduduk, juga mengantisipasi adanya gangguan ketertiban masyarakat. Semisal nanti di suatu tempat ditemukan adanya perakit bom atau sejenisnya meskipun sampai saat ini nihil ditemukan hal tersebut. "Pada intinya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat saja, serta untuk membantu ketertiban administrasi duktang yang kita laksanakan," katanya.

Pihaknya juga akan menggelar sidak melibatkan Tim Yustisi Kabupaten Tabanan agar semua bisa terkendali. "Dalam hal ini, kami juga sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Provinsi Bali agar menggelar sidak serentak. Apalagi kami di Tabanan adalah jalur nasional yang menjadi jalur orang menuju Bali," tandas mantan Kadis Pariwisata Tabanan ini. *des

Komentar