nusabali

Dermaga Baturiti Rampung Oktober 2022

  • www.nusabali.com-dermaga-baturiti-rampung-oktober-2022

TABANAN, NusaBali
Proyek pembangunan dermaga di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan diperkirakan rampung Oktober 2022.

Bahkan pengerjaan areal parkir dan pagar sedang menunggu tender. Setelah proyek yang meggunakan dana APBN ini tuntas, barulah akan diserahterimakan kepada Pemkab Tabanan.

"Saat ini nelum rampung, jadi belum diserahkan ke kami," ungkap I Made Yasa, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan, Kamis (5/5).

Hanya saja, meskipun tengah menunggu perampungan pembangunan itu, Dinas Perhubungan Tabanan telah siapkan personel untuk bertugas. "Kami sudah ancang-ancang. Begitu diserahkan, langsung ada personel yang bertugas, yakni, personel jaga termasuk petugas parkir," katanya.

Saat ini di dermaga baru ini sejumlah bangunan telah rampung. Termasuk telah dibangun sejumlah toko memenuhi kebutuhan belanja wisatawan. Toko-toko ini nantinta dikoordinasikan pemanfaatannya, apakah akan bekerjasama dengan desa adat ataupun yang lain. "Ini masih dikoordinasikan. Rencana yang dijual adalah potensi yang ada di sana (Baturiti). Jadi tinggal nunggu rampung saja," tegas mantan Kadis Koperasi dan UMKM ini.

Sebelumnya, Tabanan mendapat bantuan dermaga dari APBN lantaran masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Pembangunan dermaga ini sekaligus menindaklanjuti usulan Bupati Tabanan yang menginginkan adanya pembangunan dermaga yang sesuai standar.

Sebab selama ini dermaga yang ada di kawasan Danau Beratan hanya terbuat dari kayu. Bahkan sempat jebol hingga membuat pengunjung meninggal dunia.

Pembangunan dermaga baru mengambil lokasi tepat di Beratan Indah Serasi yang merupakan aset Pemkab Tabanan. Karena syarat untuk bisa mendapatkan bantuan dari pusat yakni Pemda harus menyiapkan lahan. *des

Komentar