nusabali

Kapolri Pantau Prokes di GWK

  • www.nusabali.com-kapolri-pantau-prokes-di-gwk

MANGUPURA, NusaBali
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Bali, Kamis (5/5).

Dalam kunjungannya kali ini Kapolri ingin memastikan penerapan protokol kesehatan (Prokes) di Bali masih disiplin diterapkan, khususnya di Daerah Tujuan Wisata (DTW).  Kapolri bersama pejabat dari Mabes Polri didampingi Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas  melakukan pengecekan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Kapolri bersama rombongan tiba di GWK pukul 16.00 Wita.

Setibanya di GWK, Kapolri langsung melakukan pengecekan, mulai dari loket pembelian tiket sampai di dalam patung GWK. Kapolri mengatakan dirinya melakukan peninjauan di Bali karena Bali selama liburan Idul Fitri 1443 Hijriah mendapat limpahan 435.308 wisatawan.

"Hari ini saya melakukan pengecekan terkait dengan Prokes di GWK. Saya mengecek satu persatu mulai dari tempat pembelian tiket sampai ke dalam GWK. Saya temukan di setiap corner disediakan barcode Aplikasi PeduliLindungi. Selain itu ada pembagian masker secara gratis bagi pengunjung yang tidak pakai masker," ungkap Kapolri usai melakukan pengecekan.

Dalam kesempatan itu Kapolri langsung menyampaikan ucapan terimakasih kepda pengelola objek wisata GWK. Mantan Kabareskrim ini berharap pasca liburan lebaran kali ini laju Covid-19 tetap dapat dikendalikan. Salah satu upaya dan langkah tepat yang dilakukan adalah disiplin menerapkan Prokes.

Dalam kesempatan itu juga Kapolri meminta kepada seluruh pengelola objek wisata untuk melakukan hal yang sama seperti di GWK. "Kita harus antisipasi, pasca liburan Idul Fitri ini laku Covid-19 dikendalikan. Puncak arus balik wisawatan diperkirakan Minggu 8 Mei 2022," tegas jenderal Listyo Sigit.

Khusus di GWK, Kapolri mengaku mendapat laporan dari pengelola bahwa kunjungan selama liburan panjang ini sama seperti situasi normal sebelum Covid-19. Hal serupa terjadi di beberapa wilayah lain di Indonesia.

Kapolri juga mendapatkan laporan ada sebanyak 435.308 yang masuk ke Bali baik melalui jalur udara maupun laut selama liburan ini. "Potensi ini pada satu sisi pasti meningkatkan perekonomian di Bali, namun di sisi lain ada hal yang harus dijaga, seperti pengendalian Covid-19," tuturnya.

Kapolri mengungkapkan saat ini Polri sedang melakukan berbagai langkah-langkah menangani arus balik mudik. Mengantisipasi kemacetan selama arus balik, Polri mengambil langkah-langkah. Khususnya untuk di wilayah Jawa Barat dan wilayah langganan kemacetan dilakukan berbagai strategi dalam menangani arus lalu lintas.

"Dari Kementerian Perhubungan saya mendapat informasi menambah kapal angkut penumpang. Dengan persiapan ini diharapkan arus balik dapat dikendalikan dengan baik," harap Kapolri. *pol

Komentar