nusabali

Viral Discovery Mall Bali Terbakar

Api Berasal dari Tumpukan Kayu, Diduga Tersulut Puntung Rokok

  • www.nusabali.com-viral-discovery-mall-bali-terbakar

Pasca kejadian operasional mall dan para tenan tidak ada perubahan, tetap beroperasi secara normal dari pukul 12.00 Wita hingga pukul 20.00 Wita.

MANGUPURA, NusaBali

Kepulan asap pekat menyelimuti Discovery Mall Bali yang terletak di Jalan Kartika Plaza, Kecamatan Kuta, Badung pada Kamis (5/5) sore. Kepulan asap itu sempat bikin panik warga sekitar lokasi lantaran diperkirakan telah terjadi kebakaran hebat di tempat perbelanjaan itu. Hal ini juga diperparah dengan adanya postingan yang viral di media sosial (medsos).

Usut punya usut, kepulan asap yang membumbung tinggi dipicu oleh kebakaran kayu yang ada di area roof top. Dugaan awal terbakarnya tumpukan kayu akibat puntung rokok dari salah seorang tukang yang tengah bekerja di tempat tersebut.

Sekretaris Camat Kuta, I Made Agus Suantara, mengatakan begitu mengetahui postingan adanya kepulan asap di kawasan Discovery Mall Bali viral di medsos, kepala lingkungan langsung mendatangi lokasi. Namun saat itu tidak ada kepulan asap tebal yang terjadi, sehingga kejadian itu sempat diduga merupakan berita hoax. “Ada petugas kita yang cek dari depan dan tidak menemukan adanya lokasi atau titik yang terbakar,” katanya, Kamis sore.

Untuk memastikan hal tersebut, Suantara kemudian berkomunikasi dengan pengelola. “Dari pernyataan pengelola, membenarkan sempat terjadi insiden kebakaran kecil pada bagian lantai atas. Beruntung kejadian tersebut tidak sampai merembet dan berdampak lebih luas, karena bisa tertangani dengan cepat,” jelasnya.

“Masih dari penjelasan pihak pengelola, petugas Damkar juga belum turun, karena api sudah dipadamkan,” imbuh Suantara.

Secara terpisah, Kapolsek Kuta Kompol Orpa SM Takalapeta, mengatakan lokasi kebakaran tersebut berada di area roof top Discovery Mall Bali, di mana di area itu terdapat sejumlah tukang yang sedang bekerja. Nah, saat bekerja ada seorang tukang yang tidak sengaja membuang puntung rokok di area tumpukan kayu. Hal ini kemudian memicu terjadinya kebakaran yang menyebabkan kepulan asap membumbung tinggi dan dilihat oleh masyarakat yang ada sekitar lokasi. “Jadi kebakaran tumpukan kayu itu diduga berasal dari puntung rokok pekerja. Namun cepat ditangani, sehingga tidak terjadi kebakaran yang meluas,” katanya.

“Kalau untuk detailnya masih tunggu laporan anggota di lapangan. Tapi, dugaan awal memang dari puntung rokok itu,” kata Kompol Orpa.

Sementara General Manager Discovery Mall Bali Rahmad, melalui siaran pers mengatakan kepulan asap yang membumbung tinggi terjadi sekitar pukul 15.10 Wita. Kepulan asal terjadi pada bagian titik atap gedung. Titik kepulan asap itu berhasil dikendalikan oleh tim pemeliharaan gedung dan diatasi dengan aman. Adapun video yang beredar di media sosial, katanya, merupakan video setelah kejadian itu berhasil dikendalikan.

“Management Discovery Mall Bali memohon maaf atas ketidak nyamanan para pengunjung setia. Kami senantiasa memastikan keamanan fasilitas gedung dan kenyamanan para pengunjung. Berkenaan dengan operasional mall dan para tenan, tidak ada perubahan dan tetap beroperasi secara normal dari pukul 12.00 Wita hingga pukul 20.00 Wita,” katanya. *dar

Komentar