nusabali

Libur Lebaran, Ratusan Polisi Siaga Amankan DTW

  • www.nusabali.com-libur-lebaran-ratusan-polisi-siaga-amankan-dtw

DENPASAR, NusaBali
Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas siagakan 130 personil khusus amankan Daerah Tujuan Wisata (DTW).

Ratusan personil tersebut terjun ke sejumlah DTW setelah mengelar Apel Kesiapan pengamanan dalam rangka libur panjang Lebaran 2022 yang dipimpin Kapolresta di Lapangan Sted GBB Sanur, Selasa (3/5).

Satu hal yang ditekankan Kapolresta dalam arahannya adalah berikan rasa aman bagi wisatawan, utamanya kemacetan dan kriminalitas yang menganggu kenyamanan masyarakat berwisata. Bahkan jauh hari sebelumnya, Polresta Denpasar menyiapkan posko, yakni tiga pos pengamanan di tiga lokasi, empat pos pelayanan, dan dua pos khusus pantau DTW (Pantai Melasti dan Pantai Pandawa, Kuta Selatan, Badung). Ratusan personil yang terlibat dalam pengamanan DTW ini akan berkoordinasi dengan personil lain yang diterjunkan dalam Operasi Ketupat Agung 2022.

Selain itu petugas yang terlibat Operasi Ketupat Agung juga melaksanakan pengamanan penebalan di wilayah Kuta dan Sanur yang saat ini menjadi destinasi favorit wisatawan. "Pastikan kenyamanan wisatawan saat berkunjung dan kita beri pengamanan yang maksimal,” tegas Kapolresta dalam arahannya.

Salah satu objek wisata yang diserbu wisatawan adalah Pantai Sanur. Di Pantai tersebut selain dipadati oleh wisatawan yang menghabiskan liburan juga dipenuhi oleh wisatawan yang berangkat ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Klungkung. Bahkan, saking banyaknya wisawatan yang datang, sebagian wisatawan lainnya untuk pindah ke ke pantai lainnya, seperti pantai Mertasari dan Pantai Matahari Terbit.

Para wisatawan yang menuju ke Nusa Penida dengan naik speed boat dari Pantai Sanur, pada Selasa (3/5). Aparat Polsek Denpasar Selatan pun memberikan perhatian khusus untuk para wisatawan yang menyebrang tersebut. Dipimpin langsung oleh Kapolsek Kompol Made Teja Dwi Permana memantau situasi kawasan Pantai Sanur utamanya dermaga penyebrangan.

Sejak pagi wisatawan yang akan menyeberang melalui dermaga Pantai Sanur maupun pengunjung pantai mulai memadati lokasi. Antrean kendaraan menuju pantai cukup panjang terlihat di pintu masuk hingga simpang Jalan Hang Tuah - Jalan By Pass Ngurah Rai.

Personil lalu lintas dan Bhabinkamtimbas Desa Sanur Kaja disiagakan untuk melakukan pengaturan arus lalin serta menghimbau masyarakat untuk menggunakan lokasi parkir yang ada di seputaran Pantai Matahari Terbit.

Kompol Made Teja Dwi Permana mengungkapkan bila melihat situasi saat ini, pariwisata Bali sudah mulai membaik. Meskipun yang dominan adalah wisatawan Nusantara. "Selama libur Lebaran ini wisatawan banyak menggunakan jasa penyebrangan Pantai Sanur maupun Pantai Matahari Terbit," ungkap Kompol Made Teja.

Lebih lanjut dirinya mengatakan personil yang disiagakan di seputaran pantai dan loket pembelian tiket melakukan imbauan taat protokol  kesehatan. Selain itu pengunjung juga diimbau untuk tidak meninggalkan kunci maupun barang-barang berharga pada kendaraan. Kendaraan yang ditinggalkan dipastikan sudah dikunci agar tidak menjadi korban pencurian. *pol

Komentar