nusabali

Panitia Pilkel Siap Distribusikan 222.732 Surat Suara

  • www.nusabali.com-panitia-pilkel-siap-distribusikan-222732-surat-suara

AMLAPURA, NusaBali
Ketua panitia pilkel (pemilihan perbekel) untuk 51 desa tersebar di 8 kecamatan se-Kabupaten Karangasem I Made Sugiartha menegaskan sebanyak 222.732 surat suara mulai dilipat dan siap didistribusikan sesuai dengan jadwal dan tahapan pilkel.

“Surat suara yang dicetak itu sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 217.300 surat suara, ditambah cadangan 2,5 persen (5.432 surat suara) sehingga totalnya menjadi 222.732 surat suara,” ujar Sugiartha di Aula Kantor PMD Karangasem, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Rabu (4/5).

Sugiartha yang juga Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karangasem ini menyebutkan distribusi surat suara akan dilaksanakan pada 19 Mei 2022 atau dua hari sebelum puncak pemilihan yang akan digelar pada Sabtu 21 Mei mendatang. “Nanti surat suara akan dialokasikan untuk pilkel di 51 desa. Surat suara akan dikirim pada Kamis 19 Mei 2022, sedangkan puncak pemilihan perbekel, Sabtu 21 Mei,” beber Sugiartha. didampingi Kepala Bidang Pemerintahan Desa I Gede Kaneka Setiawan.

Sugiartha menyebutkan, untuk mempercepat melipat surat suara, pihak panitia menggunakan jasa pihak ketiga. Panitia merogoh biaya melipat Rp 100 per surat suara.

Ditegaskan Sugiartha, surat suara yang dicetak untuk 51 pilkel modelnya berbeda-beda. Ukurannya juga tergantung jumlah calon. “Ukuran foto di surat suara semuanya sama, tetapi ukuran dan model surat suara berbeda-beda. Kami optimis pendistribusian akan tuntas sehari pada 19 Mei nanti,” ujar Sugiartha.

Disebutkan Sugiartha, surat suara akan langsung didistribusikan ke kantor desa masing-masing, sebelum digunakan pada puncak coblosan di 623 TPS (Tempat Pemungutan Suara). “Surat suara akan didistribusikan ke kantor desa masing-masing,” tegasnya. *k16

Komentar