nusabali

Bupati Gede Dana Sampaikan Selamat Idul Fitri, Ingatkan Tetap Prokes

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-sampaikan-selamat-idul-fitri-ingatkan-tetap-prokes

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana bersama Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa menggelar anjang sana ke kampung-kampung muslim dalam program menyapa nyama muslim (saudara Islam), silaturahmi, sambil menyerap aspirasi masyarakat.

Program menyapa nyama muslim ini telah dilaksanakan selama bulan puasa. Bupati Gede Dana meminta tradisi manyama braya umat muslim dengan Hindu di Karangasem tetap dijaga dan dilestarikan sebagai bentuk toleransi. Bupati Gede Dana dan Wabup Artha Dipa menyampaikan selamat Idul Fitri juga mengingatkan tetap disiplin protokol kesehatan (prokes).

Bupati Gede Dana mengungapkan, umat Hindu juga sering buka puasa bersama dengan cara magibung (makan bersama secara lesehan). Magibung digelar di Banjar Saren Jawa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem. Ada juga tradisi Medulang di Kampung Gerembeng Atas Kelurahan Karangasem, Tradisi Ngandang di Kampung Karangtebu, Kelurahan Karangasem, dan banyak tradisi lainnya yang merupakan akulturasi budaya dan tradisi masyarakat di Karangasem. “Saat takbiran, umat Hindu turut menjaga keamanannya, melibatkan pecalang. Juga menjaga keamanan saat Shalat Ied,” ungkap Bupati Gede Dana.

Begitu juga saat Nyepi, umat muslim ikut menjaga keamanan di kampungnya sendiri, minimal warga tidak keluar kampung. Bupati Gede Dana mengungkapkan, Shalat Ied biasanya dilaksanakan di tiga tempat yakni Lapangan Tanah Aron Jalan Ngurah Rai Amlapura, Taman Budaya Candra Bhuana Jalan Sultan Agung, dan Stadion Wikrama Jalan Veteran Amlapura. Bupati Gede Dana mengimbau untuk setiap kegiatan ibadah agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, utamanya pakai masker. “Saya Bupati Karangasem I Gede Dana dan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa dan atas nama jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karangasem mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, mohon maaf lahir dan bathin,” ucap Bupati Gede Dana. *k16

Komentar