nusabali

Bupati Suwirta Ajak Masyarakat Manfaatkan Produk Lokal

Peringati Hari Puputan Klungkung Ke-114

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-ajak-masyarakat-manfaatkan-produk-lokal

SEMARAPURA, NusaBali
Puncak peringatan Hari Puputan Klungkung Ke-114 dan HUT Kota Semarapura ke-30 berlangsung sederhana ditandai dengan menggelar Apel di Alun-alun Dewa Agung Jambe, Klungkung, Kamis (28/4).

Peringatan kali ini mengangkat tema "Dengan Semangat Puputan Klungkung Kita Dukung Pemanfaatan Produk Lokal Menuju Klungkung yang Unggul dan Sejahtera, "

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta usai menjadi inspektur upacara mengatakan, perayaan Hari Puputan Klungkung ini berlangsung sederhana. "Walaupun sederhana, namun tidak mengurangi makna. Hari Puputan kali ini kita mengangkat tema pemanfaatan produk lokal dan mengajak masyarakat dan pelaku UMKM memanfaatan produk lokal," ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut dijelaskan, dengan pemanfaatan produk lokal maka ekonomi akan berputar, para UMKM memanfaatkan produk lokal untuk perputaran ekonomi dengan ending kesejahteraan masyarakat. "Selama kita merdeka tujuan kita adalah memerangi kemiskinan dengan pemberdayaan, salah satunya dalam bidang UMKM dengan peraturan Gubernur Bali tentang pemanfaatan produk lokal. Kita harus dukung," kata Bupati Suwirta.

Kata Bupati, semangat puputan merupakan implementasi dan aktualisasi dari semangat untuk mensejahterakan masyarakat dengan spirit Gema Santi. "Semoga semangat HUT kota ini kita bisa maknai dengan rasa tanggung jawab dalam bertugas baik di masyarakat maupun di pemerintahan," harap Bupati Suwirta.

Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Klungkung Suwirta, menyatakan pelaksanaan peringatan hari Puputan Klungkung ke-114 dan HUT ke-30 Kota Semarapura, tidak sekadar untuk mengekspresikan kegembiraan atas keberhasilan yang telah dicapai selama ini.

Gubernur berharap seluruh jajaran pemerintahan di Klungkung dapat meningkatkan koordinasi dalam melaksanakan program pembangunan prioritas, sekaligus membangun sebuah sistem pembangunan daerah Bali yang terkoordinasi dan terintegrasi, dengan visi-misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Gubernur Koster menilai tema peringatan yakni "Dengan Semangat Puputan Klungkung Kita Dukung Pemanfaatan Produk Lokal Menuju Klungkung yang Unggul dan Sejahtera," sejalan dengan surat edaran Gubernur Bali dalam pemanfaatan produk lokal. Hal itu patut dijadikan contoh dan tauladan oleh semua komponen masyarakat Kabupaten Klungkung pada era sekarang ini. "Karena dengan pemanfaatkan produk lokal para petani akan sejahtera," kata Gubernur Koster. *wan

Komentar