nusabali

Desa Patas Gelar Vaksin Malam Hari

  • www.nusabali.com-desa-patas-gelar-vaksin-malam-hari

SINGARAJA, NusaBali
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng terus menggenjot vaksinasi Covid-19.

Seperti dalam kegiatan yang digelar di Masjid Al-Muttaqien, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, pada Selasa (26/4) malam. Vaksinasi digelar malam hari untuk memfasilitasi umat Muslim yang berhalangan ikut vaksinasi karena berpuasa.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 tersebut digelar Puskemas I Gerokgak bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Patas. "Vaksinasi ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang beragama Islam di Desa Patas yang tengah menjalani ibadah puasa agar bisa menjalani vaksinasi," jelas Perbekel Desa Patas, I Kadek Sara Adnyana.

Selain itu, lanjut Adnyana, program ini juga sejalan dengan upaya meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di Desa Patas. Karena sesuai arahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, masyarakat Desa Patas ditargetkan mencapai 50 persen vaksinasi.

Sosialisasi dilakukan dengan  melibatkan seluruh elemen masyarakat di Desa Patas agar mengetahui informasi dan datang vaksinasi. "Tentunya melalui RT dan Kadus sebagai koordinator, selain itu juga melibatkan tokoh-tokoh masyarakat dalam hal ini Takmir Masjid," jelas Adnyana.

Menurut Adnyana, berdasarkan pengamatan dari dua kali penyelenggaraan vaksinasi malam hari, minat masyarakat untuk vaksin cukup tinggi. Untuk itu. Kata dia, pihaknya tidak menutup kemungkinan bakal terus menyelenggarakan vaksinasi malam hari ini hingga akhir bulan puasa.

Koordinator vaksinasi Puskesmas Gerokgak I, Luh Putu Sila Lestari menambahkan, pihaknya menyediakan 12 vial vaksin dalam kegiatan vaksinasi kemarin. Selama dua hari penyelenggaraan, target 100 orang divaksin telah tercapai per malamnya.

Guna memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan baik, dikerahkan 11 orang tenaga kesehatan. "Selain itu, hari ini kami juga bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Celukan Bawang," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu warga Desa Patas yang ikut vaksin, Suprapto mengaku cukup terbantu dengan pelaksanaan vaksinasi pada malam hari ini. Selain karena menjalankan ibadah puasa, dirinya belum sempat ikut vaksin karena bekerja dari pagi hingga sore, penyelenggaraan vaksinasi malam hari ini menjadi. "Saya belum dapat libur juga, jadi vaksin siang hari kan tidak bisa, sekarang karena malam jadinya bisa," singkatnya. *mz

Komentar