nusabali

Dewan Apresiasi Pendapatan Daerah yang Lampaui Target di Tahun 2021

Penutupan Sidang Paripurna DPRD Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-dewan-apresiasi-pendapatan-daerah-yang-lampaui-target-di-tahun-2021

DENPASAR, NusaBali
Sidang Paripurna ke–5 masa persidangan I DPRD Kota Denpasar dengan agenda penyampaian Surat Keputusan DPRD Kota Denpasar atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Denpasar Tahun Anggaran 2021 digelar Selasa (26/4).

Sidang yang dipimpin Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede ini dihadiri Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa serta Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana.

Hadir secara virtual Wakil Ketua DPRD Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira, I Made Mulyawan Arya, dan AA Ketut Asmara Putra. Hadir pula Forkopimda Kota Denpasar dan pimpinan OPD Pemkot Denpasar yang hadir secara langsung dan virtual.

Ngurah Gede dalam rekomendasi DPRD Kota Denpasar terhadap LKPJ Walikota Tahun Anggaran 2021 yang dibacakan I Wayan Suadi Putra, menjelaskan terhadap LKPJ Tahun 2021, secara umum DPRD berpendapat bahwa pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan bagi masyarakat telah berjalan baik. Namun perlu mendapat perhatian serius terhadap program prioritas yang dirasa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

DPRD memberikan apresiasi terhadap capaian Pemkot Denpasar di beberapa bidang. Seperti halnya pendapatan daerah di 2021 yang sukses melampaui target. Hal ini juga diiringi dengan peningkatan penerimaan pajak dan retribusi daerah yang juga sukses melewati target.

“Kami memberikan apresiasi dengan kinerja di tahun 2021. Dalam kondisi sulit dengan perekonomian yang tidak menentu, Pemkot Denpasar mampu melewati fase kritis dan mampu mencapai target yang telah ditetapkan,” kata Ngurah Gede.

Selain itu, dewan juga memberikan apresiasi belanja daerah yang secara berkelanjutan menerapkan prinsip efektif dan efisien. Namun ke depan diperlukan perencanaan dan pelaksanaan yang lebih optimal.

“Kami juga memberikan rekomendasi di bidang pembangunan agar lebih diintensifkan untuk jalan, lampu penerangan jalan, persampahan, dan penataan kabel. Rekomendasi ini bertujuan untuk mendukung perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat yang telah berjalan baik ini terus dioptimalkan,” tandas Ngurah Gede.

Wawali Arya Wibawa juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan anggota Dewan atas kerjasamanya menetapkan rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Denpasar Tahun Anggaran 2021. Kerjasama yang telah terjalin baik selama ini perlu terus dipertahankan.

”Dengan kerjasama yang baik dan didukung dengan koordinasi dan komunikasi yang sudah terbangun selama ini, saya berharap akan terwujud suasana kondusif dalam upaya mewujudkan komitmen pelayanan kepada masyarakat. Karena kita menyadari bahwa dinamika tuntutan masyarakat di berbagai bidang kehidupan akan semakin kompleks,” ujar Wawali Arya Wibawa.

“Karena dalam keputusan Dewan berupa rekomendasi atas LKPJ Walikota Denpasar Tahun Anggaran 2021, dimana pendapat akhir DPRD Kota Denpasar masih ada catatan yang disampaikan baik berupa komentar, usul/saran yang konstruktif, maka terhadap hal tersebut akan saya kaji atau tindaklanjuti sesuai urgensi dan manfaatnya bagi kelangsungan pembangunan Kota Denpasar,” kata Wawali Arya Wibawa.

Untuk diketahui, pendapatan daerah Kota Denpasar Tahun 2021 ditargetkan sebesar Rp 1.900.322.351.666 dengan realisasi Rp 1.996.441.141.259,54 atau mencapai 105,06 persen. *mis

Komentar