nusabali

Peletakan Batu Pertama PLTS di Desa Catur, Kintamani

  • www.nusabali.com-peletakan-batu-pertama-plts-di-desa-catur-kintamani

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, meletakkan batu pertama pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di sumber mata air Pebini, Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Senin (25/4).

PLTS ini akan dimanfaatkan untuk pemenuhan listrik pompa air milik Perumda Tirta Danu Arta. Pemanfaatkan PLTS untuk menghemat biaya listrik yang mencai Rp 700 juta-Rp 800 juta per bulan. Direktur Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Kabupaten Bangli, I Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengaku melayani pelanggan di empat kecamatan. Sebagian besar menanfaatkan pompa dengan biaya listrik hampir Rp 700 juta-Rp 800 juta per bulan. “Sebanyak 40% dari pendapatan digunakan untuk bayar listrik PLN. Untuk efisiensi biaya listrik, kami melakukan kerja sama untuk penggunaan PLTS,” jelas Dewa Rono sapaan akran Dewa Ratno Suparso Mesi.  

Perumda Air Minum Tirta Danu Arta bekerja sama dengan PT Agra Surya Energi (ASE), PT Nusa Sinergi Mandiri (NSM), dan PT Energi Surya Terpadu (EST). Penandatanganan MoU kerja sama dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2022, dihadiri oleh pihak konsorsium. Pembangunan panel surya kerja sama antara Perumda Air Minum Tirta Danu Arta dengan pihak konsorsium diharapkan mampu menekan sekaligus memberikan efisiensi biaya dalam pelayanan. “Program ini sekaligus enjabaran dari Peraturan Gubernur Nomor 45 tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih,” ujar Dewa Rono.

Chief Executive PT Nusa Sinergi Mandiri, Pujatmanto Bastriadi mengatakan, teknologi pada prinsipnya semuanya sama hanya pada model kontruksinya. Kontruksi dibangun sesuai dengan tempat. “Paling simple dengan ground mounthing. Di Desa Catur ini memakai sistem canopy. Canopy di sini lebih tinggi dari yang umum atau yang tersedia di pasaran,” jelas Pujatmanto. Satu canopy custom dari rangka besi yang sudah diuji berdasarkan kekuatan kontruksi. Memiliki kemampuan untuk bertahan dalam jangka waktu 30 tahun.

Pembangunan PLTS di Desa Catur dibuat lebih tinggi sesuai permintaan dari masyarakat agar di bawah itu bisa digunakan untuk parkir, keperluan adat, dan kegiatan lainnya. Canopy dibuat setinggi 5 meter. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, ground breaking pembangunan PLTS Sistem On Grid Canopy Mounting untuk perusahaan air minum di Kabupaten Bangli dengan pola kerja sama dengan pihak ketiga. Menurutnya ini salah satu bentuk dari komitmen Pemkab Bangli dalam melakukan inovasi energi baru terbarukan sesuai semangat peraturan gubernur.

“Pertama kalinya PDAM melakukan kerja sama pembangunan PLTS. Di kabupaten kota lainnya di Provinsi Bali belum ada,” ungkap Bupati Sedana Arta. Bupati Sedana Arta berharap melalui pola kerja sama energi baru terbarukan bisa menghemat biaya listrik yang dibayarkan oleh Perumda. Bisa memberikan benefit yang cukup besar untuk pengembangan Perumda. *esa

Komentar