nusabali

Area Parkir Pura Watu Klotok Semrawut

  • www.nusabali.com-area-parkir-pura-watu-klotok-semrawut

SEMARAPURA, NusaBali
Area parkir dan pintu masuk Pura Watu Klotok di Desa Tojan, Kecamatan Klungkung, tampak semrawut karena dipenuhi tumpukan batu sikat.

Kondisi ini mendapat perhatian Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat memimpin aksi bersih-bersih sampah plastik di pantai setempat, Jumat (22/4). Aksi ini serangkaian peringatan Hari Puputan Klungkung ke-114, HUT Kota Semarapura ke-30 dan Hari Bumi Tahun 2022.  "Saya kaget sekali, di pintu masuk area parkir Pura Watu Klotok menjadi tempat tumpukan batu sikat," ujar Bupati Suwirta, didampingi Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra.

Untuk itu Bupati Suwirta sudah memerintahkan para pencari batu sikat agar jangan menaruh batu sikat di tempat tersebut. "Tapi, saya tidak merekomendasikan di tempat lain, karena dari awal pengambilan batu sikat ini tidak diizinkan," tegas Bupati Suwirta.

Bupati juga melihat pasir pantai kembali naik melewati tanggul pantai sehingga memenuhi area parkir. Akibatnya, area ini menjadi tidak berfungsi lagi dan masyarakat memanfaatkan are aini untuk menaruh batu. Masyarakat memanfaatkan situasi ini disaat petugas kurang pengawasan ke lapangan. "Minggu depan tempat ini akan kami ratakan dan ditarik kembali pasirnya ke pantai," kata Bupati Suwirta.

Bupati juga menyoroti keberadaan kios semi permanen membuat pintu masuk barat Pura Watu Klotok kembali kumuh. Rencananya Pemkab menata area Pura Watu Klotok dan kios-kios yang dibangun para pedagang di sekitar lahan parkir. "Tolonglah area ini dijaga dengan baik, agar kesucian pura tetap terjaga. Setelah ditata diharapkan bisa terlihat bersih," harap Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengatakan mengawali peringatan Hari Puputan Klungkung dan HUT Kota Semarapura mari bersama-sama menggelorakan dan memerangi sampah plastik melalui puputan memerangi sampah plastik. Puputan ini merupakan sebuah gerakan habis-habisan di tengah upaya memerangi sampah plastik yang belum selesai. "Maka dari itu puputan ini sebagai upaya dan langkah kita bersma menyelesaikan sampah plastik," ujar Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung I Ketut Suadnyana mengatakan bersih-bersih sampah plastik di Klungkung digelar serempak di 4 Kecamatan. Di Kecamatan Klungkung kegiatan dipusatkan di Pantai Watu Klotok, di Kecamatan Dawan di sepanjang pesisir Pantai Segara, Desa Kusamba. Di Kecamatan Banjarangkan dilaksnakan di Pantai Tegal Besar, Pantai Lepang, dan di Kecamatan Nusa Penida dilaksanakan di Pantai Sampalan. Bersih - bersih sampah plastik ini dilaksanakan untuk membiasakan masyarakat untuk memerangi sampah plastik di lingkungannya. Terlebih permasalahan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Kesadaran untuk menjaga lingkungan dan alam sekitar masih sangat kurang, terutama masalah sampah.  "Untuk itu kesadaran ini harus terus diupayakan bahkan harus dibangun agar menjadi budaya di masyarakat," ujar  pejabat asal Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem ini. *wan

Komentar