nusabali

Jaya Negara: Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dan Vasudhaiva Khutumbakam Wujudkan Harmonisasi

Pemkot Denpasar Gelar Dharma Shanti Hari Suci Nyepi Saka 1944

  • www.nusabali.com-jaya-negara-aktualisasi-nilai-tat-twam-asi-dan-vasudhaiva-khutumbakam-wujudkan-harmonisasi

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar menggelar Dharma Shanti Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944/2022 di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar Utara, Kamis (21/4).

Rangkaian Dharma Shanti Nyepi bertema ‘Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi Dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh’, ini diawali dengan tetabuhan Geguntangan, Tari Pendet, pembacaan Sloka, penyerahan bingkisan, dharma wacana yang dibawakan oleh Prof Dr Ida Bagus Yudha Triguna, dan pementasan Bondres.

Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, usai acara mengatakan, pandemi Covid-19 meruntuhkan berbagai sendi kehidupan masyarakat, mulai dari sektor ekonomi, perdagangan, pendidikan, dan yang utama kesehatan. Karenanya, beragam upaya telah dilaksanakan pemerintah untuk meminimalisir dan membangun kembali stabilitas.

“Sinergitas antara pemerintah dan lapisan masyarakat menjadi kunci untuk bangkit dari situasi sulit ini,” ujarnya. Dijelaskan, nilai tema kegiatan tersebut wajib diamalkan dalam kehidupan dengan memupuk sikap menyama braya, saling asah asih asuh, dan salunglung subayantaka.

“Nilai Tat Twam Asi tersebut kita diajarkan bahwa sradha bhakti pada Tuhan juga harus diwujudkan melalui menjaga keharmonisan dengan sesama dan alam lingkungan,” kata Walikota Jaya Negara.

Dijelaskannya, nilai Tat Twam Asi selaras dengan pengamalan Vasudhaiva Khutumbakam yang merupakan visi misi Kota Denpasar. Karenanya, ini harus menjadi pedoman bersama dalam mengisi pembangunan menuju Denpasar maju.

“Melalui Dharma Shanti Nyepi ini kami berharap aktualisasi nilai Tat Twam Asi dan Vasudhaiva Khutumbakam dalam mewujudkan harmonisasi beragama menuju Denpasar maju,” kata Walikota Jaya Negara.

Selain Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, hadir pula Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede. Hadir pula Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wirdana, Dandim 1611 Badung Kol Inf Dody Trio Hadi, Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas, anggota Forkopimda, Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, istri Wawali Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Ny Widnyani Wiradana. *mis

Komentar