nusabali

Sesepuh Ponpes Cipasung Doakan Airlangga Jadi Presiden

  • www.nusabali.com-sesepuh-ponpes-cipasung-doakan-airlangga-jadi-presiden
  • www.nusabali.com-sesepuh-ponpes-cipasung-doakan-airlangga-jadi-presiden
  • www.nusabali.com-sesepuh-ponpes-cipasung-doakan-airlangga-jadi-presiden

TASIKMALAYA, NusaBali.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersilaturahim ke Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (20/4/2022).

Kedatangan Menko Airlangga di Ponpes Cipasung bukan sekadar untuk bersilaturahmi namun membawa amanat pemerintah membantu para santri untuk tumbuh menjadi wirausahawan.

Airlangga diterima langsung sesepuh Ponpes Cipasung, KH. Abun Bunyamin Ruhiat. Pertemuan antara Airlangga dengan KH. Abun Bunyamin Ruhiat sendiri bukan kali pertama.

"Sebelumnya kami sudah bertemu di Palembang, saat Harlah NU beberapa waktu lalu. Pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut dari itu, karena penting sekali untuk bersilaturahmi. Di samping itu, kami juga membawa program wirausaha bagi santri di Pondok Pesantren Cipasung,” terang Airlangga.

Airlangga mengatakan program yang dimaksud adalah inklusi keuangan bagi pondok pesantren dan bantuan program wirausaha bagi santri. Program ini berupa fasilitas pinjaman modal usaha dengan bunga nol persen.

Adapun program inklusi keuangan merupakan salah satu program Pemerintah Republik Indonesia, di mana Presiden Joko Widodo bertindak langsung sebagai Ketua Dewan Nasional Keuangan Inklusif. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif, program ini menargetkan tingkat inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024.

Melalui program tersebut, kata Airlangga, pihaknya berharap para santri terdorong untuk menjadi wirausahawan.

Dalam pertemuan keduanya kali ini KH. Abun Bunyamin mendoakan Ketua Umum Partai Golkar itu agar menjadi presiden.

“Kita doakan Pak Airlangga ini bisa menjadi presiden,” tutur KH Abun Bunyamin saat menemui Airlangga di Ponpes Cipasung, dalam keterangan, Kamis (21/4/2022).

Sesepuh Ponpes Cipasung ini tak hanya sekali mendoakan Airlangga sebagai presiden. Di depan rombongan kedua belah pihak yang bertemu, KH Abun Bunyamin kembali mengatakan, Airlangga sebagai calon presiden 2024. Doa itu kembali diucapkannya saat sesi foto bersama rombongan Airlangga dan Ponpes Cipasung.

“Kita doakan semoga Golkar dan Pak Airlangga sukses dalam mengabdi dan mengemban amanah untuk bangsa dan negara ini,” ujar Kiai Abun Bunyamin.

Di Ponpes Cipasung, Airlangga dan rombongan ikut berbuka puasa bersama para pengurus pesantren dan santri. Ketum Golkar didampingi Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Tubagus Ace Hasan Syadzily dan jajaran pengurus DPP partai berlambang pohon beringin lainnya.

Airlangga juga secara khusus mengajak perwakilan Bank BJB Jawa Barat untuk memberikan bantuan kredit di Cipasung. 

Airlangga bersama Bank BJB secara simbolis menyalurkan Kredit BJB Mesra dan program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpasu (Pesat) kepada para santri dan dewan guru di Ponpes Cipasung.

Ponpes Cipasung sendiri berlokasi di Desa Cipakat, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Pesantren ini didirikan Kiai Ruhiat sejak 1931. Ponpes ini memiliki ciri khas mendalami kitab kuning selain menerapkan program pendidikan formal.

Komentar