nusabali

Xavi Berbenah Tanpa Pedri

Sociedad vs Barcelona, Jumat Dinihari

  • www.nusabali.com-xavi-berbenah-tanpa-pedri

BARCELONA, NusaBali
Barcelona siap menantang tuan rumah Real Sociedad pada pekan ke-33 LaLiga Spanyol, di Reale Arena, Jumat (22/4) dinihari, pukul 03:30 WITA.

Manajer Barca Xavi Hernandez pun meminta timnya harus berbenah tanpa Pedri, yang absen hingga akhir kompetisi. Pasalnya, dalam seminggu terakhir menjadi periode buruk Barcelona tanpa Pedri. Barca disingkirkan Eintracht Frankfurt 2-3 di perempatfinal Liga Europa, lalu dipermalukan Cadiz di La Liga. Barcelona ingin bangkit, tapi Sociedad bukan lawan yang mudah.

Sociedad tak terkalahkan dalam lima laga terakhir di La Liga. Sociedad juga tak terkalahkan dalam tujuh laga kandang terakhirnya, bahkan tak sekalipun kebobolan.

Karena itu, Barca perlu berbenah. Kekalahan dari Cadiz pada laga terakhirnya membuat Barcelona kian tertinggal dari Real Madrid di puncak klasemen LaLiga. Sekarang, Barca terpaut 15 angka dari Madrid dan musim ini sepertinya Barca terancam puasa gelar.

Apakah Barcelona masih punya semangat dan motivasi menjalani sisa musim ini? Apalagi Pedri yang menjelma menjadi jimat Barcelona di Liga Spanyol akan absen pada hingga akhir musim kompetisi, karena cedera. Sudah terbukti, Barca selalu kalah saat Pedri absen.

Ya, Pedri adalah gelandang tengah Barcelona yang mencuri panggung sejak musim lalu. Bahkan Pedri, 19, meraih penghargaan Golden Boy 2021, yang menjadi penghargaan pemain muda terbaik. Pelatih Xavi Hernandez memujinya dan menaruh harapan penuh kepada Pedri.

"Pedri adalah pemain sensasional. Dia ajaib untuk tim ini. Bahkan Pedri mulai dibanding-bandingkan dengan Andreas Iniesta. Bocah ini punya masa depan cerah," ujar Xavi dilansir ESPN.

Ada satu statistik tentang Pedri dan Barcelona. Prosentasi kemenangan Barcelona di Liga Spanyol lebih tinggi kalau Pedri bermain. Selama Pedri tampil, Barcelona menang 10 kali dan seri dua kali. Saat Pedri tak turun, Barca meraih tujuh kemenangan, tujuh kali seri, dan lima kali kalah.

Yakni, lawan Atletico Madrid, Real Madrid, Rayo Vallecano, Real Betis, dan Cadiz. Saat ini Pedri diganggu cedera hamstring berkepanjangan dan tidak maksimal di musim ini. Barca juga harus segera menyelesaikan masalah ketergantungan kepada Pedri.  *

Komentar