nusabali

Bupati Giri Prasta Hadiri Perayaan HUT Ke-70 MGPSSR

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hadiri-perayaan-hut-ke-70-mgpssr

Ajak Semeton Pasek Tanamkan Konsep Vasudhaiva Kutumbakam dan Trilogi Kepasekan.

MANGUPURA, NusaBali

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali menghadiri perayaan HUT Ke-70 MGPSSR di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar, Minggu (17/4). Bupati Giri Prasta merasa bangga terlaksananya perayaan HUT MGPSSR Ke-70 dengan tema “Solid dan Tumbuh Dalam Pasemetonan Organisasi MGPSSR”. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta mengajak Semeton Pasek untuk menanamkan konsep Vasudhaiva Kutumbakam dan Trilogi Kepasekan.

“Ini yang perlu selalu ditanamkan sesuai konsep Vasudhaiva Kutumbakam, kita adalah bersaudara termasuk dengan semua klan yang ada. Di hari jadi yang Ke-70 ini, MGPSSR melakukan evaluasi dengan mulat sarira, sehingga hal-hal yang baik akan kita dilestarikan dan yang tidak baik akan ditinggalkan,” ujar Bupati Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta juga mengajak semeton MGPSSR untuk bangkit bergerak berjuang bersama membangun Bali dengan selalu memegang teguh Trilogi Kepasekan, yaitu bakti ring kawitan, tindih ring bhisama dan guyub ring semeton. Bupati Giri Prasta juga menyebut sudah menjalankan program kerja dengan melakukan pendataan terhadap sulinggih, pemangku dadia dan jumlah semeton di 57 kecamatan di Bali, dan sudah terbentuk juga Sabha Pandita, Sabha Walaka dan Sabha Yowana secara lengkap.

“Bahkan saat ini MGPSSR sudah bergerak di sisi ekonomi, seperti yang dilakukan semeton Pasek di Bangli yang sudah memiliki BLK yang digerakkan semeton pasek yang menjabat sebagai DPR RI Ketut Kariyasa Adnyana,” jelas Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang tersebut.

Perayaan HUT ke-70 MGPSSR juga turut mengundang Gubernur Bali Wayan Koster, serta dihadiri pula oleh jajaran Forkopimda Bali, Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama, anggota DPD RI perwakilan Bali Arya Wedakarna, Bupati/Walikota se-Bali, PHDI Pusat dan Provinsi Bali dan tamu undangan lainnya.

Gubernur Wayan Koster dalam sambutannya merasa bangga, karena telah diundang dalam perayaan HUT Ke-70 MGPSSR. Lantaran semeton Pasek selama ini telah ikut andil dalam pembangunan di Provinsi Bali. “Terkait HUT Ke-70 MGPSSR kita fasilitasi sepenuhnya sebagai wujud bhakti kita kepada semeton Pasek,” ucap Gubernur Koster.

Sementara itu, Ketua MGPSSR Pusat Wayan Wita, mengatakan saat ini sudah ada 13 provinsi di Indonesia yang memiliki Maha Gotra Pasek. Dikatakan, pada waktu yang lalu Menteri Agama RI sempat berpesan kalau nanti 2024 sudah 80 persen provinsi di Indonesia memiliki Maha Gotra, maka pelaksanaan Maha Sabha Pasek akan mengundang Presiden. “Untuk itu kami mengajak semeton Pasek di luar Bali untuk semangat membentuk Maha Gotra. Ini juga sebagai momentum untuk mewujudkan organisasi yang modern di era 4.0,” ujar Wita.

Sedangkan Ketua Panitia HUT Ke-70 MGPSSR, Ari Budi melaporkan organisasi MGPSSR berdiri sejak 17 April 1952 dan saat ini telah berusia 70 tahun. Ini merupakan usia yang sangat dewasa dan matang sebagai sebuah organisasi. “MGPSSR adalah organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan sradha dan bhakti kepada Ida Betara Kawitan dan mewujudkan masyarakat yang unggul dan sejahtera sekaligus melakukan pengabdian kepada agama bangsa, dan negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45,” katanya. *ind

Komentar