nusabali

Diunggulkan, Gus Cilik 'Kunci' Tiga Dukungan PAC

DPC Demokrat Se-Bali Gelar Muscab Serentak Senin Lusa

  • www.nusabali.com-diunggulkan-gus-cilik-kunci-tiga-dukungan-pac

DENPASAR, NusaBali
Jelang Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Demokrat se-Bali yang akan digelar serentak di Sanur, Denpasar, Senin (18/4) lusa, sejumlah kader diunggulkan untuk memimpin DPC Demokrat di daerahnya masing-masing.

Seperti politisi senior Partai Demokrat yang juga Wakil Ketua DPRD Denpasar, Anak Agung Ketut Asmara Putra alias Gus Cilik yang kembali diunggulkan menahkodai DPC Demokrat Denpasar periode 2022-2027. Gus Cilik yang berstatus kandidat incumbent kini telah mengunci tiga dukungan PAC (Pimpinan Anak Cabang) dari empat PAC Demokrat yang ada di Kota Denpasar.

Informasi yang dihimpun NusaBali di Denpasar, Jumat (15/4) siang menyebutkan 3 PAC Demokrat yang memberikan dukungan kepada Gus Cilik untuk memimpin Demokrat Denpasar periode 5 tahun kedepan adalah PAC Demokrat Kecamatan Denpasar Barat (Denbar) yang diketuai I Nyoman Sudana, PAC Demokrat Kecamatan Denpasar Utara (Denut) yang diketuai I Wayan Kertiasa dan PAC Demokrat Kecamatan Denpasar Timur (Dentim) yang diketuai I Made Puja.  Dukungan tiga PAC ini sudah diserahkan secara resmi kepada Gus Cilik. Sementara PAC Denpasar Selatan (Densel) yang diketuai Gede Semara belum final menentukan dukungan.

Namun, dalam komunikasi Gede Semara dengan Gus Cilik, dukungan PAC Densel disebut-sebut akan diserahkan pada saat Muscab digelar. Muscab Demokrat Denpasar akan digelar di Hotel Prime Plaza, Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Senin lusa. Muscab Demokrat Denpasar akan digelar serentak bersama Muscab 8 kabupaten/kota seluruh Bali dengan agenda utama memilih kepengurusan DPC periode 2022-2027.

Untuk di Muscab Denpasar, ada 7 pemegang hak suara ketika pemilihan Ketua DPC nanti. Para pemegang hak suara, yakni DPP (1 suara), DPD (1 suara), DPC (1 suara) dan 4 PAC di Denpasar masing-masing memiliki hak 1 suara. Nah, DPD Demokrat Bali yang diketuai I Made Mudarta pun disebut-sebut arahnya mendukung Gus Cilik sebagai Ketua DPC untuk kedua kalinya. Sementara ini, dengan dukungan tiga PAC, Gus Cilik sudah menguasai total 4 suara. Karena sebagai Ketua DPC Gus Cilik otomatis memiliki kewenangan menentukan dukungan 1 suara secara penuh untuk memilih calon Ketua DPC. Jika, DPD Demokrat Bali juga mengarah ke Gus Cilik maka sebanyak 5 suara bisa dikuasai dari total 7 suara yang ada.

Saat ini, dengan peta politik di Kota Denpasar masih dikuasai PDIP, sosok kepemimpinan Gus Cilik yang dinilai bisa mengimbangi. Terlebih-lebih Denpasar adalah barometer peta politik di Bali. Salah satunya, Denpasar adalah daerah yang memiliki pemilih terbesar kedua di antara 9 kabupaten/kota di Bali pada Pemilu 2024 nanti setelah Buleleng. Sehingga Gus Cilik menjadi tumpuan dalam menghadapi 'perang kota' di Denpasar pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua PAC Demokrat Dentim, Made Puja mengatakan kepemimpinan Gus Cilik di Demokrat Denpasar selama 5 tahun menjadi alasan pihaknya mendukung politisi asal Kelurahan Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat ini. "Selama lima tahun kepemimpinan Gus Cilik begitu merakyat, soliditas Partai Demokrat di Denpasar terjaga dengan baik. Kami sudah resmi serahkan dukungan kepada Gus Cilik dan dukungan para PAC sudah diplenokan juga," ujar Made Puja dalam pernyataan di Jalan Raya Puputan, Niti Mandala Denpasar, Jumat (15/4) siang. Sementara Ketua PAC Denbar, Sudana mengatakan selama 5 tahun mendampingi Gus Cilik sebagai Ketua DPC Demokrat Denpasar, selain soliditas Demokrat sangat terjaga, program partai juga berjalan dengan baik. Terlebih pada Pileg 2019 lalu, yang saat itu merupakan pertarungan neraka bagi kader Demokrat di Denpasar.

Di bawah kepemimpinan Gus Cilik, Demokrat mampu mempertahankan secara utuh Fraksi Demokrat di DPRD Denpasar. "Program partai berjalan dengan baik di bawah kepemimpinan Gus Cilik. Lima tahun ke depan kami PAC Denbar dukung Gus Cilik sebagai Ketua DPC Demokrat Denpasar," ujar Sudana dalam pernyataan dukungan kepada Gus Cilik.

Sementara Ketua PAC Denut, Kertiasa menyatakan telah menyerahkan dukungan kepada Gus Cilik menjadi Ketua DPC Demokrat Denpasar periode 2022-2027. "Surat dukungan sudah kami serahkan kepada Gus Cilik, alasannya kami melihat figur Gus Cilik sebagai kader terbaik Demokrat Denpasar yang mengayomi kami dan menjaga soliditas partai," jelas Kertiasa.

Sementara di sela-sela menerima pernyataan dukungan sebagai calon Ketua DPC Demokrat Denpasar periode 2022-2027, Gus Cilik tegaskan siap memenangkan Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai kandidat calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang. Gus Cilik juga targetkan Demokrat Denpasar bisa menambah kursi DPRD Kota Denpasar dari saat ini 4 kursi (hasil pemilu 2019) menjadi 6 kursi di Pemilu 2024.

“Untuk Pilpres kami akan all out mendukung dan memenangkan Ketua Umum kami Pak AHY sebagai Capres 2024. Sementara untuk Pileg kami di Denpasar menarget merebut 6 kursi DPRD Denpasar,” ujar Gus Cilik membeber program pemenangan partai di Pemilu 2024.

Gus Cilik mengatakan target tersebut tidak muluk-muluk bagi Demokrat Denpasar. “Kalau saya dipercaya kembali memimpin DPC Demokrat Denpasar tentu prioritas adalah pemenangan Pilpres dan Pileg 2024 dulu. Kemudian menjaga soliditas partai serta mengawal program- program yang sudah dicanangkan DPP Demokrat di bawah kepemimpinan Ketua Umum Pak AHY,” ujar Wakil Ketua DPRD Denpasar ini.

Politisi asal Kelurahan Padangsambian ini mengatakan untuk Pilpres dan Pileg 2024 nanti, Demokrat akan menyasar pemilih milenial. “Ketua Umum kami Pak AHY adalah sosok milenial yang bisa menjadi magnet menarik pemilih pemula bergabung dengan Demokrat. Kita sangat optimis Pak AHY akan memenangkan Demokrat di Pemilu 2024 nanti,” ujar mantan Ketua PAC Demokrat Denpasar Barat ini. *nat

Komentar