nusabali

Siswa SMAN 1 Amlapura Siap Ikuti Tes Literasi

  • www.nusabali.com-siswa-sman-1-amlapura-siap-ikuti-tes-literasi

AMLAPURA, NusaBali
Siswa SMAN 1 Amlapura siap mengikuti tes literasi yang diselenggarakan oleh PISA (programme for international student assessment).

Peserta tes literasi adalah siswa usia 15 tahun atau dibawah 16 tahun. PISA menunjuk SMAN 1 Amlapura ikut tes literasi bidang numerasi pada minggu keempat Mei 2022. Peserta tes literasi sebanyak 42 siswa.

Kasek SMAN 1 Amlapura, I Ketut Marta Ariana, mengatakan PISA menunjuk SMAN 1 Amlapura sebagai penyelenggara tes literasi. Pata guru telah memilih 42 siswa secara acak. Survei dibagi dua menyangkut kemampuan membaca dan menulis serta survei numerasi, mengenai pengetahuan dan kecakapan menggunakan angka-angka dan simbol-simbol terkait pelajaran matematika. Dikedepankan kemampuan mengaplikasikan konsep bilangan dan ketrampilan operasi hitung dalam menganalisa informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, dan bagan.

“Kami telah melakukan pelatihan untuk survei literasi numerasi, mulai dari pembekalan dan teknis mengerjakan materi,” jelas Ketut Marta Ariana, Rabu (13/4). SMAN 1 Amlapura telah mengirim data siswa yang umurnya di bawah 16 tahun sebanyak 180 siswa. PISA memilih 42 siswa secara acak. SMAN 1 Amlapura telah siap terutama dari segi fasilitas komputer, jaringan, dan tenaga operator.

Di Bali hanya tiga sekolah yang ditunjuk PISA ikut tes literasi yakni SMAN 1 Amlapura, SMAN 1 Denpasar, dan SMA Widiatmika Badung. PISA juga menunjuk tiga SMP di Bali ikut tes literasi yakni SMPN 2 Gianyar, SMPN 5 Negara, dan SMPN 5 Denpasar. Di Indonesia ada 400 sekolah SMP dan SMA yang ditunjuk PISA ikut tes literasi. Sosialisasi yang telah dilaksanakan PISA yakni penguatan wawasan tentang PISA, peran sekolah dalam pelaksanaan survei PISA, penguatan literasi melalui simulasi PISA, instrumen angket sekolah dan teknik sampling siswa, pembelajaran literasi melalui metode microlearning, dan lainya. *k16

Komentar