nusabali

Sekda Alit Wiradana Pantau Pengangkutan Sampah di TPS

  • www.nusabali.com-sekda-alit-wiradana-pantau-pengangkutan-sampah-di-tps

DENPASAR, NusaBali
Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana memantau langsung pengangkutan sampah di tempat pembuangan sampah sementara (TPS) Jalan Pulau Seram, Desa Dauh Puri Klod, Denpasar Barat, Rabu (13/4).

Sekda ke lokasi karena pengangkutan sampah yang kurang maksimal, sehingga sampah menggunung, meluber ke jalan hingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Kondisi tersebut memicu keluhan warga.

Ditemui di lokasi TPS, Sekda Alit Wiradana menyatakan mendapat informasi dari media massa bahwa sampah di TPS Jalan Pulau Seram sampai meluber ke jalan karena keterlambatan penanganan. Karena kondisi sampah yang sudah menumpuk, dia langsung meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Denpasar untuk mengerahkan alat berat untuk mengangkut sampah di TPS tersebut menuju TPA Suwung, Denpasar Selatan.

“Sebagai langkah jangka pendek, saya meminta Kadis LHK mengerahkan alat berat dan truk untuk mengangkut sampah di TPS Jalan Pulau Seram yang sempat meluber ke jalan. Apalagi sudah meluber seperti ini,” kata Sekda Alit Wiradana.

Menumpuknya sampah di beberapa TPS di Denpasar, menurut Sekda Alit Wiradana, dikarenakan beberapa alat berat yang beroperasi di TPA Suwung rusak. Sekda Alit Wiradana pun sempat mengecek langsung ke TPA Suwung yang dikelola UPTD Sampah Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Provinsi Bali.

“Saat ini alat berat tersebut sedang diperbaiki yang memerlukan spare part dari Jakarta. Mudah-mudahan bisa segera selesai perbaikannya, sehingga pengangkutan sampah bisa kembali normal,” ungkap mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, ini.

Sekda Alit Wiradana menjelaskan, Pemkot Denpasar pada intinya siap bersinergi dengan pemprov untuk mewujudkan penanganan sampah terintegrasi di Denpasar. Sehingga upaya penanganan sampah terintegrasi dapat terus dioptimalkan.

Terkait kendala yang ada saat ini, Pemkot Denpasar secepatnya akan menjalin koordinasi dengan Pemprov Bali untuk memaksimalkan penanganan sampah terintegrasi dan berkelanjutan yang selama ini telah berjalan di Denpasar. “Hal ini karena penanganan sampah menjadi salah satu program prioritas Bapak Walikota,” ujar Sekda Alit Wiradana. *mis

Komentar