nusabali

Jelang Hari K3 Dunia 2022, ILO Pandang Positif Kinerja Pemerintah

  • www.nusabali.com-jelang-hari-k3-dunia-2022-ilo-pandang-positif-kinerja-pemerintah

JAKARTA, NusaBali.com - Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO memberikan pandangan yang positif pada kinerja pemerintah khususnya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Pandangan ILO ini berhubungan dengan keberlangsungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) selama masa pandemi. 

Ini disampaikan oleh Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor Leste, Michiko Miyamoto ketika pertemuan dengan Kemenaker di Jakarta untuk memaparkan pencapaian dan kegiatan menuju Hari K3 Sedunia 2022 yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 28 April. 

Menurut Michiko, pihaknya telah melihat sistem K3 yang baik serta terintegrasi dengan melibatkan pengusaha, pemerintah, pekerja, komunitas dan semua pihak yang terkait pada tingkat nasional dan perusahan serta bisa melindungi lingkungan kerja dan memastikan ketahanan usaha. 

Hari K3 Sedunia ingin dunia internasional focus pada kebutuhan untuk mencegah kematian, cedera hingga penyakit kerja serta usaha untuk mempromosikan budaya keselamatan dan Kesehatan yang bisa membantu mencegah tragedy ini. Salah satunya yaitu dengan penggunaan sepatu safety

Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan mulai dari Januari sampai dengan September 2021, ada 82 ribu kasus kecelakaan kerja dan 179 penyakit kerja dimana 65% disebabkan oleh COVID-19. 

Tema Hari K3 Sedunia pada tahun ini focus pada usaha membangun budaya K3 yang positif, inklusif serta kontinyu dengan keterlibatan semua pihak. 


Pengusaha ataupun pekerja diharapkan bisa menjadikan K3 sebagai bagian penting dari kehidupan pekerjaan serta keseharian mereka dengan memprioritaskan keselamatan diri serta orang-orang yang ada di sekitarnya.  Termasuk penggunaan sepatu safety untuk melindungi keselamatan kaki. Beberapa sepatu yang direkomendasikan antara lain sepatu safety Cheetah

Pada tahun 2021 sampai dengan 2022, ILO sudah memprakarsai pendekatan yang mendorong  berbagai pihak, termasuk media massa dan masyarakat umum. 

Tujuannya yaitu agar lebih menyadari budaya pencegahan K3 melalui berbagai kegiatan peningkatan kesadaran dan pemahaman serta upaya membangun rasa kepemilikan dan komitmen bersama. 

K3 sendiri merupakan bidang multidisiplin yang peduli dengan kelangsungan bisnis serta perlindungan kerja. 

K3 menjadi kunci pembangunan berkelanjutan dan investasi dalam K3 bisa membantu berkontribusi pada pencapaian Agenda 2030 untuk pembangunan yang berkelanjutan. Diharapkan seluruh pekerja bisa menggunakan sepatu boot safety pada tahun itu. 

*)Konten Ini Ditulis oleh Core Freelancers, Penyedia Jasa SEO untuk Bisnis. 

Komentar