nusabali

Dinas Kesehatan Rencanakan Vaksin Berhadiah

  • www.nusabali.com-dinas-kesehatan-rencanakan-vaksin-berhadiah

BANGLI, NusaBali
Dinas Kesehatan Bangli berencana menggelar vaksinasi dengan bagi-bagi hadiah atau doorprize.

Strategi ini untuk merangsang warga lebih banyak datang dan ikut program vaksinasi. Akumulasi capaian vaksinasi booster di Bangli sekitar 50,07 persen. Ada beberapa desa dengan cakupan vaksinasi rendah.

Kadis Kesehatan Bangli, dr I Nyoman Arsana mengatakan, berdasarkan laporan data dari Puskesmas, capaian vaksinasi booster di Desa Songan, Desa Belandingan, dan Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani masih rendah. “Ketiga desa itu masuk layanan Puskesmas Kintamani V,” jelas dr Arsana, Senin (11/4). Rendahnya capaian vaksinasi booster di Desa Songan, Desa Pinggan, dan Desa Belandingan karena masyarakat kurang paham pentingnya vaksinasi untuk mencegah virus Covid-19.

Meningkatkan capaian vaksinasi di tiga desa kawasan Kintamani, Dinas Kesehatan Bangli menjalin kerja sama dengan Badan Intelejen Negara (BIN) Bali. Pejabat asal Desa Songan, Kecamatan Kintamani ini mengaku sudah menggelar rapat tahap pertama. “Sesuai perencanaan, vaksinasi digelar dengan cara berbeda. Misalnya ada doorprize untuk merangsang kehadiran masyarakat agar mendapatkan vaksin booster,” ungkap dr Arsana. Doorprize yang direncanakan berupa pemberian minyak goreng. “Kami matangkan lagi rencana ini,” tegas dr Arsana.

Dinas Kesehatan Bangli juga memfasilitasi umat Islam yang mau mudik untuk mendapatkan vaksin booster. “Jika sudah vaksin booster, maka tidak perlu rapid antigen lagi,” jelas dr Arsana. Pelayanan vaksinasi di Bangli dibuka setiap hari. Senin hingga Jumat untuk vaksinasi di wilayah kota, pelayanan dibuka di RSU Bangli dan RSJ Bali. Di masing-masing kecamatan, pelayanan vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas. *esa

Komentar