nusabali

Perbekel Sidan Optimis Bisa Tarik Wisatawan ke Gianyar Timur

  • www.nusabali.com-perbekel-sidan-optimis-bisa-tarik-wisatawan-ke-gianyar-timur

GIANYAR, NusaBali
Pemerintah Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, menata sawah dengan pertanian berbasis organik menjadi terasering.

Perbekel Sidan Made Sukra Suyasa mengklaim terasering sawah Sidan tak kalah dengan terasering di Ceking, Desa/Kecamatan Tegallalang. Dia pun  optimis Desa Wisata Sidan bisa menarik wisatawan ke Gianyar timur.

Jelas Sukra, sebagai daya tarik wisata selain view sawah, Desa Wisata Sidan akan menyajikan atraksi matekap (membajak sawah) dan edukasi pertanian organik. "Atraksi ini akan menjadi pendorong Desa Wisata Sidan dikunjungi wisatawan. Kalau dulu, ini jalur wisata dari wisatawan atau tamu yang berlabuh di Pelabuhan Padangbai, Karangasem yang akan menuju Kintamani, Bangli. Tapi sekarang, jalur tamu itu tidak ada lagi. Untuk itu desa kami siapkan produk," jelasnya saat malam pembukaan Kissidan Festival, Sabtu (9/4) malam.

Selain atraksi matekap dan edukasi pertanian organik, Desa Sidan akan mengoptimalkan pengelolaan sampah. Plastiknya ditabung melalui Bank Sampah, sementara sampah organik dijadikan pupuk. Hasilnya diterapkan untuk pupuk tanaman pangan pada Puspa Aman.  

Bahkan saat ini, Desa Sidan sudah merabat lahan tidur untuk dijadikan tempat camping. "Jadi cukup datang ke Sidan, semua ada lengkap. Kemah juga bisa," ujarnya. Sukra Suyasa mengaku akan bekerja sama dengan travel agen. "Tentu, pasti kami kerja sama dengan travel agen," ujarnya.

Sementara itu, Kissidan Festival diikuti oleh 10 UMKM yang dimeriahkan band lokal, sebagai ajang untuk mengenalkan Kissidan Eco Hill kepada publik. “Yang ditonjolkan dalam festival adalah UMKM masyarakat Sidan, yakni potensi desa baik kuliner dan potensi lain dipamerkan,” jelas Sukra Suyasa.

Kuliner yang ditonjolkan berupa nasi campur sere jele, jajan Bali, minuman ciri khas Sidan. Juga dipamerkan kerajinan Sidan. “Sekaligus memperkenalkan daerah kami. Dengan dibukanya festival, mudah-mudahan pariwisata di Bali yang mulai menggeliat bisa berkunjung ke Kissidan Eco Hill yang dikelola BUMDes," harapnya. *nvi

Komentar