nusabali

Dewan Minta Lanjutkan Revitalisasi Pasar Singamandawa

  • www.nusabali.com-dewan-minta-lanjutkan-revitalisasi-pasar-singamandawa

BANGLI, NusaBali
Wakil Ketua DPRD Bangli, I Komang Carles, memimpin rapat kerja dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli di kantor DPRD Bangli, Jumat (8/4).

Rapat kerja dihadiri langsung Kadisperindag Bangli, I Wayan Gunawan. Anggota DPRD Bangli meminta Disperindag Bangli menuntaskan revitalisasi Pasar Singamandawa. Revitalisasi diharapkan dapat menyelesaikan kekroditan di pasar terbesar di Kintamani tersebut.

Komang Carles mengatakan, revitalisasi ruko di depan Pasar Singamandawa hanya bisa menyelesaikan masalah parkir. Masalah utama berupa kekroditan pedagang belum tersentuh. “Pedagang di Pasar Singamandawa justru lebih banyak berjualan dengan memanfaatkan badan jalan yang merupakan akses masuk pasar sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung pasar,” ungkap Komang Carles, Jumat (8/4). Tahap awal pembangunan Pasar Singamandawa dengan anggaran Rp 7,8 miliar. Sasaran pembangunan 28 ruko dan areal parkir depan pasar. “Hasil rapat tadi, perencanaan pembangunan Pasar Singamandawa berlanjut. Perencanaan pembangunan pasar bagian belakang dengan sistem dak,” jelas Komang Carles.

Menurut Komang Carles, pengembangan bagian belakang adalah pemecahan masalah sesungguhnya. DPRD Bangli akan terus mengawal hingga pembangunan berlanjut dan seluruh pedagang tercover. Kadisperindag Bangli, I Wayan Gunawan mengatakan kelanjutan pembangunan Pasar Singamandawa dipastikan sudah ada perencanaan secara menyeluruh dari Pemkab Bangli. Pejabat asal Kecamatan Tembuku ini menyebutkan sudah menyiapkan tiga titik lokasi relokasi pedagang yakni di seputaran GOR Kintamani, belakang Kantor UPTD Kintamani, dan di seputaran Pasar Kintamani.

Pembangunan seluruh pasar di Kabupaten Bangli ditangani Dinas PUPR Perkim. Sedangkan pihaknya, hanya mengatur berkaitan dengan relokasi pedagang saja. “Pembongkaran ruko di Pasar Singamandawa saat ini sudah mulai dilakukan. Pemindahan pedagang secara umum tidak ada masalah,” jelas Wayan Gunawan. *esa

Komentar