nusabali

Tambahan Penghasilan Pegawai ASN Mulai Cair

  • www.nusabali.com-tambahan-penghasilan-pegawai-asn-mulai-cair

BANGLI, NusaBali
Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bangli akhirnya cair, Rabu (6/4).

TPP yang cair untuk tiga bulan yakni Januari, Pebruari, dan Maret. Sekretaris Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Bangli, I Dewa Meranggi Adnyana, mengungkapkan pencairan TPP berdasarkan pengajuan amprah dari organisasi perangkat daerah (OPD).

Dewa Meranggi mengatakan, ada ASN belum menerima TPP. Penyebabnya beberapa OPD belum mengajukan amprah. “Hari ini (Kamis, Red) masih ada beberapa OPD proses amprah TPP,” jelas Dewa Meranggi, Kamis (7/4). Sebelumnya Kepala BKD dan Pengembangan SDM Bangli, Made Mahendra Putra menjelaskan, pencairan TPP terlambat karena adanya perubahan sistem. Pencairan TPP harus mendapat rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri.

Pemkab Bangli mengajukan permohonan persetujuan TPP tahun 2022 sebesar Rp 135 miliar. Nilai tersebut mencakup tambahan penghasilan berdasarkan beban kerja ASN dan tambahan penghasilan berdasarkan kondisi kerja ASN. Ada pula belanja insentif bagi ASN atas pemungutan pajak daerah, belanja bagi ASN atas insentif pemungutan retribusi daerah, belanja tunjangan profesi guru (TPG). Belanja tambahan penghasilan (tamsil) guru dan belanja jasa pelayanan kesehatan bagi ASN. “Rekomendasi ini berlaku dalam anggaran satu tahun. Di awal, proses agak lama namun bulan berikutnya bisa langsung pencairan,” jelas Mahendra Putra. *esa

Komentar