nusabali

Pemkab, Kemenag, dan PA Jalin Kerja Sama

Tingkatkan Layanan Kependudukan

  • www.nusabali.com-pemkab-kemenag-dan-pa-jalin-kerja-sama

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung menjalin kerja sama untuk peningkatan pelayanan kependudukan berbasis keagamaan.

Kerja sama diperkuat dengan penanda tanganan nota kesepakatan antara pimpinan Pengadilan Agama (PA) Klungkung dan Kementerian Agama (Kemenag) Klungkung, di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Kamis (7/4).

Penandatanganan dilakukan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Ketua PA Klungkung Mohammad Agus Sofwan Hadi, dan Plt Kepala Kantor Kemenag Klungkung Ida Ayu Putu Sri Astuti. Hadir, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klungkung  I Komang Dharma Suyasa, dan instansi terkait lainnya.

Nota kesepakatan tersebut sebagai dasar kerja sama dan koordinasi para pihak dalam pelaksanaan akselerasi pelayanan instansi terintegrasi. Pelayanan ini melalui sistem Inovasi Pendawa Sakti (Perubahan Elemen Data Warga secara Akurat Kolaborasi Tiga Instansi). Dengan kerja sama ini, pihak terkait dapat memberikan layanan cepat, sederhana, dan gratis. Selain itu, mempermudah masyarakat untuk mendapatkan dokumen administrasi kependudukan. Antara lain, memberikan status baru setelah perceraian, dan menerbitkan dokumen administrasi kependudukan lain, Kutipan Akta Nikah (KAN) berdasarkan putusan dan/atau penetapan Pengadilan Agama Klungkung.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membantah inovasi seperti ini untuk branding pemerintahannya. Karena hal penting dalam inovasi adalah manfaat bagi masyarakat, memberikan kemudahan layanan dan fungsi nyata. "Saya tidak ingin ada diskriminasi dalam layanan kependudukan, apa pun agamanya mendapat perlakuan yang sama,” kata Bupati Suwirta.

Ketua Pengadilan Agama Klungkung Mohammad Agus Sofwan Hadi mengatakan penandatanganan kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kebijakan yang akuntabel dan bertanggung jawab. Jalinan ini juga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di Klungkung.

Dia menyebut, inovasi Pendawa Sakti ini sejalan dengan tagline Pemkab Klungkung yakni Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif (Gema Santi). Hadi mengharapkan penandatangan nota kesepakatan kerja sama ini bermanfaat nyata bagi masyarakat Klungkung.*wan

Komentar