nusabali

Kelurahan Pedungan Jadi Satu-satunya Zona Oranye

  • www.nusabali.com-kelurahan-pedungan-jadi-satu-satunya-zona-oranye

Sebanyak 36 desa/kelurahan di Denpasar masuk zona hijau penyebaran Covid-19.

DENPASAR, NusaBali

Kelurahan Pedungan, Denpasar Selatan, menjadi satu-satunya wilayah di Kota Denpasar yang masih masuk zona oranye penyebaran Covid-19. Hal itu antara lain karena ada anak buah kapal (ABK) di Pelabuhan Benoa yang baru datang, mereka mendapatkan tracing dan dinyatakan positif. Data ABK yang positif ini masuk ke Kelurahan Pedungan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, mengungkapkan penurunan kasus positif Covid-19 ini membuat banyak desa/kelurahan di Denpasar berstatus zona hijau penularan Covid-19. Dari 43 desa/kelurahan, sebanyak 36 desa masuk kawasan zona hijau.

Sementara sebanyak 6 desa/kelurahan masuk zona kuning, dan hanya ada satu wilayah yang berstatus zona oranye yakni Kelurahan Pedungan dengan 14 kasus Covid-19.

“Bahkan untuk di wilayah Kecamatan Denpasar Timur semua desa/kelurahan sudah zona hijau,” kata Dewa Rai, Rabu (6/4).

Untuk wilayah Denpasar Utara, yang masuk zona kuning sebanyak 1 wilayah yakni Ubung Kaja. Sedangkan 10 wilayah lainnya sudah masuk zona hijau.

Wilayah Denpasar Barat memiliki 2 wilayah yang masih berstatus zona kuning. Sedangkan 9 wilayah sudah berstatus zona hijau.

Sementara untuk Denpasar Selatan sebanyak 1 wilayah masih berstatus zona oranye yakni Kelurahan Pedungan. Selain itu 3 wilayah dinyatakan berstatus zona kuning. Sebanyak 6 wilayah sudah berstatus zona hijau.

“Untuk Denpasar Selatan, Kelurahan Serangan yang paling stabil dan bisa mempertahankan zona hijau dalam waktu lama. Sementara untuk Kota Denpasar saat ini masih berstatus zona kuning,” imbuh Dewa Rai.

Plt Lurah Pedungan Nengah Sutarka dikonfirmasi terpisah mengungkapkan, Kelurahan Pedungan sebenarnya sudah masuk ke zona kuning bahkan sempat ke zona hijau. Namun, karena ada anak buah kapal (ABK) di Pelabuhan Benoa yang baru datang, mereka mendapatkan tracing dan dinyatakan positif.

Sebanyak 12 ABK langsung dilakukan karantina yang difasilitasi perusahaan mereka. Hal itu, menurut Nengah Sutarka, mengakibatkan Kelurahan Pedungan masih masuk zona oranye.

“Sebenarnya kan paling sekarang zona kuning. Soalnya, dari tracing terakhir itu hanya 2-3 orang kasus aktif. Tetapi karena keluar masuk ABK di Pelabuhan Benoa, beberapa hari lalu 12 ABK dinyatakan positif dan datanya masuk ke Kelurahan Pedungan,” ungkap Nengah Sutarka.

Nengah Sutarka menambahkan, selama ini tracing yang dilakukan di lingkungan Kelurahan Pedungan cukup intens, ditambah dengan razia prokes dan vaksinasi booster. Namun, karena Pelabuhan Benoa masuk di wilayah Banjar Pesanggaran, Kelurahan Pedungan, sehingga ABK yang positif tetap masuk data Kelurahan Pedungan.

Dewa Rai mengatakan, untuk wilayah zona oranye, Satgas masih menggencarkan sidak prokes dan kebut vaksinasi booster. Selain itu juga lebih digencarkan tracing dan testing sehingga kasus cepat tertangani. *mis

Komentar