nusabali

Pemkab Badung Laksanakan Bhakti Penganyaran

Karya Tawur Tabuh Gentuh dan Ida Betara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-laksanakan-bhakti-penganyaran

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung melaksanakan upacara Bhakti Penganyaran serangkaian karya Tawur Tabuh Gentuh dan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Senin (4/4).

Bhakti penganyaran dipimpin Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa beserta istri. Selain itu juga dihadiri Ketua DPRD Badung Putu Parwata beserta istri dan Ketua TP PKK Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta, para Asisten serta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Badung.

Upacara yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Buruan Manuaba Griya Pasraman Darmasaba Abiansemal Badung, menggunakan sarana banten bebangkit, caru manca sata dan pedudusan tersebut. Pemkab Badung juga mementaskan beberapa tari wali kolaborasi antara Organisasi Kewanitaan Kabupaten Badung dengan Dinas Kebudayaan dan Yowana Desa Adat Mambal, paiketan pemangku dan prajuru Desa Adat Mambal.

Ditemui usai persembahyangan, Adi Arnawa menyampaikan pelaksanaan bhakti penganyar ini merupakan wujud bakti dan penghormatan kepada Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Agung Besakih untuk memohon keselamatan, dan kesejahteraan alam semesta. “Hari ini saya mewakili Bupati Badung, bersama jajaran OPD Pemkab Badung melaksanakan upacara bhakti penganyaran serangkaian Upacara Tawur Tabuh Gentuh dan Ida Betara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih. Mudah-mudahan melalui pelaksanaan upacara ini kita semua diberikan kesehatan keselamatan dan kerahayuan dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19, sehingga secepatnya perekonomian bisa pulih dan pariwisata pulih,” ujarnya.

Adi Arnawa menambahkan, bila pariwisata pulih, diharapkan pendapatan daerah segera bisa meningkat. “Bila pendapatan daerah meningkat, maka muaranya pada kesejahteraan masyarakat Badung,” imbuh birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan itu. *asa

Komentar