nusabali

Pelajar Jembrana Unjuk Ekonomi Kreatif

  • www.nusabali.com-pelajar-jembrana-unjuk-ekonomi-kreatif

Pelajar di Jembrana menunjukkan minat dan bakat ikut menunjang ekonomi kreatif sekaligus menumbuhkan jiwa entrepreneur.

NEGARA, NusaBali
Sebanyak 98 pelajar dari sejumlah SMP di Kabupaten Jembrana menampilkan kemampuan dance kreasi di Angkringan Negaroa Bahagia Terminal Negara, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Jembrana, Sabtu (2/4) malam.

Dalam acara gelar ekonomi kreatif dan fashion show yang digagas SMK Marsudirini Negara ini juga  diisi kegiatan lomba fashion show busana adat Bali. Selain lomba busana ajeg Bali dan dance kreasi, acara yang dihadiri Bupati Jembrana I Nengah Tamba tersebut, juga dimeriahkan kegiatan parade busana.

Ketua Panitia, Maria Crescentia mengatakan, tujuan diadakan ini adalah memberikan sarana tempat untuk siswa mengapresiasikan diri sesuai bakat dan minat potensi. Termasuk sebagai ajang kreativitas siswa dalam mempersiapkan masa depan dan memperkenalkan kepada masyarakat Jembrana bahwa di Jembrana ada SMK yang memiliki jurusan fashion mode busana.

"Dengan kegiatan gelar ekonomi kreatif dan fashion show ini, kami mengharapkan jiwa entrepreneur, khususnya untuk siswa/siswi SMK Marsudirini tumbuh. Karena di samping ada pagelaran, kita juga ada pameran start up dengan menggelar beberapa stand baik kuliner maupun tata busana. Ini menjadi upaya kami menumbuhkan jiwa wirausaha. Bila lulus nanti tidak harus bekerja pada orang lain. Namun bisa menjadi wirausahawan," ujar Crescentia.

Menariknya seluruh busana yang ditampilkan para model siswa SMK Marsudirini tersebut merupakan hasil karya siswa SMK berlokasi di Dauhwaru tersebut.  Di sekitar lokasi acara, juga dibuka stand pameran kuliner serta busana yang merupakan hasil kreasi siswa SMK Marsudirini Negara.

Lomba fashion show busana adat Bali dimenangkan Ni Made Dwi Yadia Lestari (SMPN 4 Negara), Juara II Ni Putu Diana Puspita (SMPN 4 Negara), dan Juara III Ayu Komang Intan Astika Sari (SMPN 4 Mendoyo).

Sementara dalam lomba dance kreasi, juara I diraih tim Arra Dance (SMPN 2 Negara), Juara II tim Veooance Dance (SMPN 4 Negara), dan Juara III tim Queen Dance Club (SMPN 2 Mendoyo).

Bupati Tamba dalam sambutannya, mengapresiasi atas terselenggaranya acara gelar ekonomi kreatif dan fashion show ini. Adanya kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan kreatifitas dalam pengembangan subsektor ekonomi kreatif. "Kita dukung untuk lahir wirausaha-wirausaha muda yang mengedepankan daya kreativitas, sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman. Yang pada akhirnya ini juga akan berpengaruh positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Bupati Tamba yang hadir didampingi Gusti Ayu Candrawati alias Candrawati Tamba, berharap kegiatan-kegiatan positif ini, dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Dan ditingkatkan dengan menampilkan subsektor-subsektor ekonomi kreatif lainnya sesuai potensi yang ada di Jembrana. "Melalui pengembangan subsektor ekonomi kreatif,  saya berharap generasi muda dapat bersaing meningkatkan kreatifitas. Bukan hanya menjadi penonton untuk mewujudkan Jembrana emas dan masyarakat Jembrana bahagia," ucap Bupati Tamba. *ode

Komentar