nusabali

Pompa Hidram TNI Bantu Kesulitan Air di Sunantaya

  • www.nusabali.com-pompa-hidram-tni-bantu-kesulitan-air-di-sunantaya

TABANAN,NusaBali
Masalah air bersih yang dialami krama Desa Adat Sunantaya, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan , mulai terbantu dengan beroperasinya pompa hidram yang pengerjaannya dilakukan secara bergotong royong oleh TNI Kodim 1619/Tabanan bersama  Polri, Pemda  melalui Instansi terkait, BRI serta masyarakat.

Setelah dikerjakan selama tiga bulan, pompa hidram ini diresmikan oleh Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Choirul Anam pada Jumat (1/4). Peresmian pompa hidram tersebut adalah yang ke-7 di lingkup Kodim 1619/Tabanan.  “Wilayah Provinsi Bali  masih memiliki permasalahan air bersih yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk itu TNI AD dan Kodam IX/Udayana menginisiasi pembangunan pompa hidram di sejumlah titik di wilayah Bali maupun Nusa Tenggara dengan menggandeng berbagai instansi dan Pemerintah Daerah setempat,” ujar Danrem.

Dengan beroperasinya pompa hidram ini, maka TNI igin membantu kesulitan yang dirasakan oleh rakyat.   Bahkan program Pompa Hidram Kodam IX/Udayana saat ini menjadi bagian dari  program TNI AD melalui ‘TNI AD Manunggal Air’ yang dicetuskan oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada Kamis (24 /3) lalu, agar dilaksanakan seluruh Kodam di seluruh Indonesia.

Danrem  163/Wira Satya mengharapkan fasilitas pompa hidram dapat digunakan semua pihak dengan sebaik-baiknya sehingga  dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat.  “Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak yang telah berpartisipasi selama tiga bulan bahu membahu bergotong royong hingga dapat diresmikan,” ujar  Danrem sembari mengingatkan agar semua pihak bersama-sama  menjaga kelangsungan pompa hidram ini agar memiliki masa pakai yang lama.

Sementara itu  Bendesa Adat Sunantaya I Ketut Partana mengungkapkan jika selama 15 tahun warga melakukan pipanisasi  agar air bisa masuk ke desa. Namun hasilnya  tidak maksimal. Karena itu hadirnya TNI dengan pompa hidram, ibarat   gayung bersambut. “Dengan semangat gotong royong saling membantu kita semua berhasil mewujudkan ketersediaan air untuk masyarakat, sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebesar besarnya untuk kesejahteraan masyarakat kami,” ujar Partana.

Mewakili Bupati Tabanan  I Komang Gede Sanjaya, Sekda Tabanan I Gede Susila menyatakan  berbahagia dengan adanya  bantuan pompa hidram di Banjar Sunantaya Penebel. “Kami atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Tabanan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kami, air sekarang sudah bisa masuk ke rumah warga kami terima kasih,”  kata Sekda Gede Susila.

Dikatakan air merupakan kebutuhan yang sangat vital. Karena itulah  Sekda menyatakan sangat mengapresiasi,dan berterima kasih ke  jajaran TNI yang telah membantu membangun Kabupaten Tabanan. Turut mendampingi Danrem,  Kasiren Kasrem 163/Wsa Kolonel Chb Muh Hatta, Kasi Intel Kasrem 163/WSA  Kolonel Inf Boyke Sukanta, Kasi Ops Kasrem 163/WSA Kolonel Kav I Made Bagus Suraputra, Kasi Log Kasrem 163/WSA Kolonel Inf Rafiudin Hanafi, Pasi Komsos Ster Korem 163/Wsa Mayor Inf I Gusti Made Swedia. *k17

Komentar