nusabali

Lagi, Klungkung Tunda Pelaksanaan PTM

Capaian Vaksinasi Booster Belum 30 Persen

  • www.nusabali.com-lagi-klungkung-tunda-pelaksanaan-ptm

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung berencana menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) serentak dari TK, SD, SMP, dan SMA/SMK, Jumat (1/4) kemarin.

Namun rencana itu batal karena capaian vaksinasi booster belum mencapai 30 persen. Pelaksanaan PTM terbatas itu kembali direncanakan per Senin (4/4) nanti. Pengunduran PTM ini karena Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klungkung masih mengejar capaian vaksinasi booster minimal 30 persen di masing-masing desa. Karena hingga saat ini masih ada 4 desa yang capaian vaksinasi boosternya di bawah 30 persen.

"Kami optimis 4 April 2022 ini target minimal vaksinasi booster 30 persen di masing-masing desa tercapai," kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung, I Ketut Sujana.

Sujana mengaku, capaian vaksinasi 30 persen pasti segera tercapai. Karena saat ini Tim Satgas tengah menggenjot vaksinasi di desa tersebut. "Ini sebagai motivasi saja untuk mendorong masyarakat mau mengikuti vaksinasi booster demi kesehatan bersama," imbuh Sujana.

Lebih lanjut Sujana menjelaskan, PTM terbatas pada semester genap di satuan pendidikan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dengan

menerapkan perilaku hidup bersih, sehat, dan terpantau. Di antaranya, jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas ruang kelas. Bagi satuan pendidikan yang jumlah siswanya sedikit, dimungkinkan untuk PTM 100 persen dalam ruangan kelas. Lama belajar terlama 4 jam pelajaran per hari bagi satuan pendidikan yang melaksanakan PTM 50 persen, dan 6 jam per hari bagi yang PTM 100 persen. "Kantin dan pedagang di dalam lingkungan sekolah belum diperbolehkan dibuka selama pelaksanaan PTM terbatas," kata Sujana.

Sedangkan, kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga di dalam dan di luar ruangan dilaksanakan sesuai pengaturan pembelajaran di ruang kelas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. "Jika ditemukan kasus konfirmasi positif Covid-19 di sekolah akan kembali dialihkan belajar daring," kata Sujana.

== Sebelumnya diberitakan, Pemkab melalui Disdik Klungkung menyiapkan PTM terbatas karena kasus Covid-19 makin melandai. Dinas ini merencanakan PTM akan dilakukan Senin (14/3), namun diundur hingga direncanakan lagi akan dilakukan per 1 April 2022.

Pelaksanaan PTM di Klungkung dihentikan akibat peningkatan kasus Covid-19. Para siswa kembali belajar daring (dalam jaringan) sejak Sabtu (5/2) lalu.*wan

Komentar