nusabali

Pedagang Bermobil Digiring ke Basement

Pemkab ‘Putar Otak’ Ramaikan Pasar Rakyat Gianyar

  • www.nusabali.com-pedagang-bermobil-digiring-ke-basement

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar terpaksa putar otak agar Pasar Rakyat Gianyar (PRG), pasca diresmikan ramai hingga seperti wajah pasar umumnya.

Salah satu cara, pedagang bermobil digiring agar berjualan di basement (ruang dasar bangunan) Pasar Rakyat Gianyar mulai Rabu (30/3). Sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait pun disiagakan di sekitar PRG sejak subuh.

Setelah pedagang bermobil masuk, kelangan pejabat terkait mengklaim telah terjadi peningkatan jumlah pedagang yang berjualan di basement. Pedagang sebagian besar menjual kebutuhan dapur harian warga. Jumlah pedagang yang membuka lapak di sana mencapai ratusan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gianyar Luh Gede Eka Suary, seizin Plt Asisten III Gianyar Dewa Gde Alit Mudiarta menjelaskan, hal itu dalam upaya mengembalikan aktivitas jual-beli Pasar Rakyat Gianyar. "Kami terus memantau dan mengevaluasi keberadaan pedagang ini," jelasnya.

Kata dia, pemantauan dipimpin Plt Asisten III Gianyar Dewa Alit Mudiarta atas arahan Bupati Gianyar Made Mahayastra. Karena itu, petugas yang turun ke lapangan bukan hanya dari Disperindag Gianyar, namun juga OPD lainnya. Seperti Dinas Perhubungan Gianyar untuk mengatur reka ulang lalu lintas di pasar. Satpol PP Gianyar bertugas menertibkan atau menyuruh pedagang yang berjualan di badan jalan atau di luar tempat yang ditetapkan, diarahkan untuk masuk ke tempat yang telah disediakan. "Ini petunjuk Pak Bupati untuk memaksimalkan Pasar Rakyat Gianyar dan mengurangi pedagang yang berjualan di badan jalan dan fasilitas umum," ujar pejabat asal Tabanan ini.

Eka Suary mengklaim hasil dari kegiatan yang secara konsisten dilakukan ini cukup memuaskan. Saat ini para pedagang bermobil sudah banyak yang masuk untuk berjualan di basemen Pasar Rakyat Gianyar. Jumlahnya per hari ini sebanyak 95 unit. Sementara untuk total pedagang di pelataran sudah mencapai 150 pedagang.

"Hari ini (kemarin,Red) sudah lima hari kami lakukan pemantauan bersama OPD di bawah Asisten 3, seperti Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Kita memantau pedagang bermobil yang sudah memasuki basement. Sudah ada kemajuan," ujarnya.

Setelah pedagang bermobil masuk dan beberapa pedagang pelataran, pedagang (liar) di bahu jalan juga sudah mulai berkurang sesuai pantauan Satpol PP. "Sampai hari ini (kemarin,Red) pedagang bermobil sudah masuk 95 unit. Hari ini pedagang pelataran ada kurang lebih 150an," ujarnya.

Eka Suary berharap masyarakat mendukung pemerintah dalam memulihkan aktivitas jual-beli di Pasar Rakyat Gianyar, dengan kembali datang berbelanja ke sana. *nvi

Komentar