nusabali

Vaksinasi Booster di Buleleng Capai 37 Persen Lebih

  • www.nusabali.com-vaksinasi-booster-di-buleleng-capai-37-persen-lebih

SINGARAJA, NusaBali
Warga Buleleng yang sudah divaksinasi booster atau tahap tiga mencapai 199.610 orang.

Dari jumlah ini, vaksinasi booster di Buleleng mencapai sekitar 37,11 persen dari target sasaran 537.957 orang. Hal tersebut dikemukakan Kepala Bidang Data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan, Rabu (23/3). Dia mengatakan capaian vaksinasi booster di atas target ini karena vaksinasi di desa-desa gencar hingga door to door atau ke rumah-rumah warga, hingga menyasar lansia dan kaum disabilitas. Kata Suwarmawan, skema yang digunakan dalam vaksinasi yakni menugaskan seluruh tenaga kesehatan (nakes) di seluruh rumah sakit dan Puskesmas di Buleleng untuk menjadi tim vaksinasi dalam pelaksanaan vaksinasi booster, capaian berhasil melebihi target.

Menurut Suwarmawan, vaksinasi booster ini hanya dapat diberikan dengan jeda waktu minimal tiga bulan dari dosis kedua. Pihaknya mengajak masyarakat yang belum vaksinasi booster agar segera vaksinasi di tempat yang ditentukan. "Bagi masyarakat yang belum vaksinasi booster, bisa mendapat vaksin di layanan kesehatan terdekat atau Puskemas. Kami juga membuka gerai vaksinasi di desa-desa," kata Suwarmawan.

Di sisi lain, vaksinasi dosis pertama dan kedua di Buleleng juga memiliki cakupan yang tinggi. Vaksinasi dosis pertama telah menyasar sebanyak 511.821 orang dengan persentase 83,20 persen. Sedangkan dosis kedua sudah menyasar 446.709 orang atau 72,61 persen.

Terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Buleleng, Rabu kemarin, terdapat sebanyak 1 orang pasien Covid-19 baru terkonfirmasi. Angka kesembuhan dan meninggal nihil, serta dalam perawatan sejumlah 18 orang. *mz

Komentar